Kembangkan Skill, Warga Binaan Lapas Muara Enim Tanam Cabai Hidroponik Sistem Wick

Berita, Daerah90 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Enim terus berupaya mengembangkan skill para Warga Binaan dengan memberikan berbagai pelatihan yang melibatkan instruktur eksternal yang handal di bidangnya.

Kali ini, Warga Binaan Lapas Muara Enim menanam cabai metode hidroponik dengan sistem wick (sumbu), bekerja sama dengan Vabian Hidroponik Tanjung Enim.

Kalapas Muara Enim Herdianto menjelaskan bahwa, sebelumnya para Warga Binaan telah berhasil menanam Pakcoy dan Selada metode hidroponik sistem NFT (Nutrient Film Technique), yakni dengan meletakkan akar tanaman pada lapisan campuran air dan nutrisi dangkal yang disirkulasikan secara terus menerus melalui media pipa.

Baca juga:  Sering Transaksi Narkoba, Warga Benakat Ini Diringkus Polisi

“Saat ini mereka mengembangkan kembali skillnya yaitu dengan menanam cabai Hidroponik sistem Wick. Sistem Wick (sumbu) adalah sistem pasif, yang berarti tidak ada bagian yang bergerak. Larutan nutrisi ditarik ke dalam media tumbuh dari wadah nutrisi dengan sumbu, biasanya sumbu menggunakan kain flannel atau jenis bahan lain yang mudah menyerap air,” jelas Herdianto kepada awak media, Rabu (14/9/2022).

Baca juga:  Tren Kenaikan Kasus Covid-19, Zoo And Jogging Track Bukit Asam Kembali Ditutup

Herdianto menambahkan, kelebihan dengan menggunakan sistem ini adalah tanaman mendapat suplai air dan nutrisi secara terus menerus, Biaya pembuatan yang murah, mempermudah perawatan tanaman, karena tidak perlu melakukan penyiraman dan tidak tergantung listrik.

“Dengan skill yang mereka dapatkan ini, tentu diharapkan bisa bermanfaat dalam pengembangan pribadi mereka yang lebih mandiri, serta dapat menjadi bekal bagi mereka pada saat bebas nanti, yang dapat menjadi peluang usaha bagi mereka,” imbuhnya.

Baca juga:  Walikota Alpian Maskoni, Menyetujui dan Akan Menfasilitasi Pelantikan DPD IWO Pagar Alam

Herdianto juga menyampaikan apresiasi kepada Vabian Hidroponik Tanjung Enim yang telah bekerja sama dengan Lapas Muara Enim, untuk menjadi bagian dari proses pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan Lapas Muara Enim. (Aal/Humas Lanim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *