oleh

Ops Sikat Musi I 2022, Polres Muara Enim Ringkus 42 Tersangka

MUARA ENIM, ENIMTV – Jajaran Polres Muara Enim melalui Satreskrim dan Unit Reskrim Polsek jajaran berhasil meringkus 42 orang tersangka dalam Operasi Sikat Musi I tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto, S.I.K., M.Si. dalam konferensi pers di lapangan apel Mapolres Muara Enim, Jumat (8/4/2022).

“Operasi ini berjalan kurang lebih 16 hari, mulai 23 Maret s.d. 7 April 2022, dengan sasaran 3C (Curas, Curat dan Curanmor),” ujar Aris.

Aris menjelaskan, dari operasi tersebut, Polres Muara Enim mendapat target yang harus diselesaikan dari Polda Sumsel, yaitu sebanyak 3 kasus.

“Namun hasil yang dicapai melebihi target, yaitu ada 35 kasus selama berlangsung Operasi Sikat Musi I 2022, di antaranya Curas 6 kasus, Curanmor 2 kasus dan Curat 27 kasus, jadi total keseluruhannya ada 35 kasus yang berhasil kita ungkap,” jelasnya.

Baca juga:  Update 15 Juni 2020: Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Bertambah 1.017 Orang, Pasien Sembuh 592, Meninggal 64

Aris mengungkapkan, hasil dari Ops Sikat Musi I 2022 ini mengalami peningkatan dalam kasus yang berhasil diungkap, dibandingkan dengan tahun 2021.

“Tahun 2021 ada 26 kasus dan untuk 2022 ada 35 kasus, jadi ada peningkatan ungkap kasusnya,”  ungkapnya.

Menurut Aris, keberhasilan dan peningkatan ini berkat kegigihan, semangat, motivasi yang diberikan kepada anggota untuk melakukan penyelidikan, ungkap kasus dan dapat informasi dari masyarakat.

Aris menambahkan, untuk jumlah tersangka yang diamankan dari ungkap kasus tersebut, yaitu ada 42 orang. Di antara 42 orang ini laki-laki semua, 39 dewasa dan 3 anak-anak.

“Ancaman pidana dari masing-masing tindak pidana itu, kalau Curas 9-20 tahun atau bisa pidana mati, Curanmor 7-9 tahun, Curat 5-9 tahun,” imbuhnya.

Baca juga:  Polres Muara Enim Gelar Upacara Sertijab Kasat Intelkam dan Kasat Binmas

Motif para pelaku yaitu pertama kebutuhan ekonomi, kebutuhan ekonomi mungkin puasa mau menyambut lebaran, jadi biar cepat ambil jalan pintas melakukan tindak pidana. Motif yang kedua untuk narkoba, uang hasil tindak pidana digunakan untuk membeli narkoba.

Polisi mengamankan barang bukti yang bermacam-macam, mulai dari sepeda motor, handphone, pupuk, hingga besi rel kereta api.

“Dan sekarang para tersangka sudah kita amankan di Polres maupun di Polsek-polsek jajaran Polres Muara Enim,” pungkasnya.

Ditambahkan oleh Kasat Reskrim Polres Muara Enim, AKP Widhi Andika Darma, bahwa pihaknya dalam Ops Sikat Musi 2022 ini tidak mengesampingkan tindak pidana lain.

“Bukan berarti kami lagi Operasi Sikat, kami hanya fokus kepada Operasi Sikat ini 3C,” kata Widhi.

Baca juga:  12 Kapolres Terima Penghargaan Pelayanan Prima, Kapolri Beri Pujian

Widhi menjelaskan, pihaknya juga mengungkap beberapa kasus tindak selain 3C, di antaranya kasus pencabulan, pengeroyokan, dan penganiayaan yang mengakibatkan korban menderita cukup parah, dan pencurian ringan di salah satu Polsek akan dimediasi secara kekeluargaan.

“Kemudian ada kekerasan terhadap anak. Nah ini yang cukup viral dan masih sering terjadi di wilayah kita. Apapun bentuknya, kekerasan terhadap anak itu sangat tidak diperbolehkan, karena ada pasal dan undang-undang yang dikenai terkait kejahatan tersebut,” jelasnya.

Widhi mengatakan, tindak pidana yang paling parah adalah terdapat persetubuhan terhadap anak. Pihaknya pun tidak akan sungkan untuk mengajukan hukuman kebiri kepada jaksa penuntut umum apabila pelaku sudah sangat parah, melukai psikologis anak, dan korbannya sangat banyak. (Aal)

Selengkapnya ———- Simak video

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *