oleh

Peningkatan Ruas Jalan Sp. Aur-Muara Harapan Rampung, Lubai-Muara Enim Hanya 1 Jam

MUARA ENIM, ENIMTV – Dengan telah rampungnya peningkatan ruas jalan penghubung antara Simpang Aur, Desa Aur, Kecamatan Lubai dengan Desa Muara Harapan, Kecamatan Muara Enim sepanjang 66 kilometer, sehingga kini dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pj. Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar (HNU) meresmikan peningkatan ruas jalan tersebut di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Muara Enim pada Jumat pagi (01/04/2022)

“Tentunya ini harus kita syukuri bersama sebagai langkah maju dari progress terbukanya jalan tembus ‘shortcut’ dari Lubai ke ibukota kabupaten, sehingga dapat ditempuh hanya dengan 1 jam saja tanpa harus melewati Kota Prabumulih,” jelas HNU dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Pj. Bupati mengatakan jika jalan tembus ini sudah beroperasi maksimal, maka tentunya akan berdampak pada akselerasi perekonomian dan pembangunan daerah.

Baca juga:  Satlantas Polres Muara Enim Bagi-bagi Takjil Gratis

“Khususnya di 6 kecamatan, yaitu Rambang, Lubai, Lubai Ulu, Rambang Niru, Gunung Megang, dan kawasan eks-transmigrasi Kecamatan Muara Enim, karena memudahkan aksesibilitas transportasi maupun arus barang dan jasa,” katanya.

Jalan Simpang Aur-Muara Harapan ini pertama kali dibuka oleh program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) tahun 2017 sepanjang 66 kilometer yang melewati Desa Aur, Sungai Senuling, Talang Tunggul Bute, Talang Simpang Pengadangan, Talang Padang Desa Marga Mulya dan melewati Sungai Jelawatan, Sungai Birik dan Sungai Niru tembus Desa Aur Duri dan Desa Bangun Sari menuju Desa Muara Harapan.

Baca juga:  Perkuat Sinergi, Kapolres Muara Enim Tatap Muka Bersama Awak Media

Namun, kondisi jalan sudah tertutup kembali, sehingga pada tahun 2021 Pemkab. Muara Enim melalui APBDP tahun 2021 telah menganggarkan dana sebesar Rp13 miliar untuk kembali membuka dan meningkatkan jalan sepanjang 66,723 kilometer dengan lebar 5 sampai dengan 10 meter yang diklasifikasikan sebagai jalan kabupaten dan jalan kolektor.

“Selanjutnya pada APBD 2022 ini, Pemkab. Muara Enim kembali menganggarkan Rp4 miliar untuk melanjutkan peningkatan jalan ditambah Rp3,5 miliar untuk pembangunan jembatan Air Senuling,” terangnya.

Pj Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya masyarakat di sepanjang pembangunan jalan ini yang telah membantu dan mengusahakan yang terbaik dalam mewujudkan cita-cita bersama ini.

Baca juga:  HNU Pastikan Muara Enim Siap Jadi Tuan Rumah PEDA KTNA XIV Provinsi Sumatera Selatan 2021

“Ke depan masih banyak yang harus kita upayakan agar jalan ini benar-benar siap dan optimal, sehingga tak henti kami memohon doa dan dukungan semua pihak, baik masyarakat maupun para pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Muara Enim,” ujarnya.

“Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirahmanirahim, Peningkatan Ruas Jalan yang menghubungkan Simpang Aur, Desa Aur, Kecamatan Lubai dengan Desa Harapan Jaya, Kecamatan Muara Enim, saya nyatakan diresmikan dan dimulai penggunaannya,” tutup HNU.

Peresmian ruas jalan tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Pj Bupati Muara Enim.

Selain itu, Pj Bupati bersama anggota Forkopimda juga sempat menjajal jalan tersebut beberapa kilometer dengan sepeda motor. (Aal/Prokopim-ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *