oleh

PTBA Sosialisasikan Percepatan Penanggulangan Covid-19 kepada Forum RT/RW dan Pengurus Masjid

TANJUNG ENIM, ENIMTV – Sejak pemerintah mengumumkan kasus pertama Covid-19 pada bulan Maret 2020, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bersama pemerintah setempat berupaya melakukan langkah-langkah seoptimal mungkin agar virus ini tidak semakin menyebar dan mengakibatkan korban jiwa.

Beragam kegiatan dan aksi dipilih untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran wabah Covid-19, terlebih sampai dengan saat ini status Kecamatan Lawang Kidul masih Zona Merah, mulai dari rutin membagikan masker di pasar dan jalan-jalan protokol, mengadakan sosialisasi, pembatasan kegiatan dan acara, pemasangan tempat dan sabun cuci tangan di area-area tertentu, penyiapan rumah untuk isolasi, serta tindakan preventif lainnya.

Bertempat di Gedung Olahraga, Rabu (28/4/2021), PTBA bersama unsur Tripika Tanjung Enim menggandeng Forum RT/RW dan perwakilan pengurus masjid se-Kecamatan Lawang Kidul untuk mengikuti sosialisasi dan penyuluhan percepatan penanggulangan wabah Covid-19.

Baca juga:  Pimpin Sidang Kabinet Paripurna, Presiden Jokowi Beri Lima Arahan Soal RPJMN

Sosialisasi ini dihadiri oleh Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar, Direktur Operasi dan Produksi PTBA Suhedi, GM Layanan Operasional Tanjung Enim Venpri Sagara, Manager Humas Komunikasi dan Administrasi Korporat Iko Gusman, Camat Lawang Kidul Andrille Martin yang diwakili oleh Arinta Gumay, Kapolsek Lawang Kidul D Azhari, Danramil Tanjung Enim Fiber Irwanda, Kepala Puskesmas Tanjung Enim A Gani, dan Kepala RS BAM dr. Bandriyo Sudarsono.

Dalam sambutannya, Plh Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar menyampaikan bahwa, melihat keadaan pandemi Covid-19 yang berbeda dengan keadaan sebelumnya, Kabupaten Muara Enim sangat beruntung karena ada PTBA yang selalu membantu pemerintah dalam penanggulangan pandemi ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada PT Bukit Asam Tbk karena sangat responsif. Tapi sekali lagi, pandemi ini tidak bisa hilang jika tidak dilawan bersama-sama, mari kita bergandengan erat melawan pandemi ini melalui doa dan usaha,” ujarnya.

Baca juga:  Tak Senang Bangunan Pagar Kantor Desa Kemang Difoto, Pihak Pelaksana Kontraktor Lecehkan Wartawan 

Ia juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan gerakan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas).

Dalam sosialisasi tersebut, Kepala Puskesmas Tanjung Enim A Gani dan Kepala RS BAM dr Bandriyo menyampaikan beberapa hal mengenai Covid-19.

“Covid-19 ini sangat menular, kurangi memegang area muka sebelum cuci tangan. Sampai sekarang, belum ada obat untuk menyembuhkan virus ini. Covid-19 ini berbahaya, apalagi kepada orang yang memiliki komorbid atau penyakit bawaan. Hal tersebut bisa memperparah keadaan, bahkan bisa sampai fatality,” ujar Kepala Puskesmas Tanjung Enim A Gani.

“Penggunaan disinfektan di benda mati bisa menghilangkan droplet yang menempel di benda tersebut. Tapi yang paling penting tetap pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan ditambah lagi jangan lupa bahagia,” tambah Kepala RS BAM dr Bandriyo.

Baca juga:  PT. Bukit Asam Tbk. Santuni Anak Yatim

Mewakili manajemen PTBA, Manajer Humas Komunikasi dan Administrasi Korporat, Iko Gusman berharap agar yang hadir pada kegiatan ini dapat lebih memahami tentang bahayanya Covid-19 dan cara pencegahannya.

Ia berpesan agar para peserta sosialisasi dapat menyampaikan kepada warga dan jamaah masing-masing untuk bersama-sama mencegah Covid-19 ini dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Karena tidak ada acara lain, masalah Covid-19 ini hanya dapat diatasi apabila semua pihak kompak, bergerak secara serentak bahu-membahu baik dari pemerintahan, masyarakat, kelompok masyarakat, perusahaan untuk bersama-sama melawan Covid-19 ini,” pungkasnya. (Aal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *