Resmikan PLTS Irigasi Desa Muara Lawai, Pj Bupati Muara Enim Dukung Peningkatan Kesejahteraan Petani

Berita, Daerah33 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Masih dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43 PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Ahmad Rizali pada Sabtu (2/3/2024) meresmikan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) irigasi Desa Muara Lawai, Kecamatan Muara Enim.

Peresmian tersebut dihadiri pula oleh Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PTBA Suherman dan Dandim 0404 Muara Enim, Letkol. inf. Nugraha,

Baca juga:  Komitmen Cegah dan Turunkan Angka Stunting, Pemkab Muara Enim Terima Penghargaan dari Pemprov Sumsel

PLTS irigasi yang berasal dari program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) PTBA senilai Rp2,1 miliar ini, merupakan wujud sinergi antara pemerintah daerah dan PTBA dalam mendukung peningkatan kesejahteraan petani.

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan dukungan PTBA dalam berbagai aspek pembangunan daerah di Kabupaten Muara Enim.

“Selanjutnya kepada seluruh masyarakat khususnya warga Desa Muara Lawai, saya berpesan untuk dapat manfaatkan PLTS irigasi ini dengan semaksimal mungkin sekaligus mengajak untuk bersama menjaga dan memelihara keberadaannya agar mampu membawa dapat positif bagi lingkung sekitar,” ucapnya.

Baca juga:  Hidupkan Seni Teater, Sanggar Teater Serat Ulu Gelar Pertunjukan "Hari Teater Dunia #2"

Sementara itu, Direktur SDM PTBA juga menyampaikan bahwa PLTS Irigasi ini nantinya akan mengaliri lahan persawahan seluas 119 hektar dan memberi manfaat kepada 268 petani yang diperkirakan mampu menghasilkan 1.785 ton gabah kering giling per-tahunnya, dengan masa tanam 3 kali dalam setahun.

“Pembangunan PLTS irigasi ini merupakan upaya PTBA untuk mendorong pemanfaatan energi terbarukan, memberdayakan masyarakat, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan yang sejalan dengan Noble Purpose (tujuan mulia) PTBA, yaitu membangun peradaban, meningkatkan kesejahteraan, dan menciptakan kehidupan yang lebih baik,” ujarnya. (Aal/Prokopim-ME)
.

Baca juga:  Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Asisten Perekobang Siap Dukung Pengembangan Pupuk Bokasi Desa Tanjung Raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *