oleh

Sekda Lahat Kaget Sejumlah Peralatan Rescue Banyak yang Rusak, Deswan Irsyad: Segera Lakukan Perbaikan

LAHAT, ENIMTV – Bupati Lahat Cik Ujang, S.H. melalui Sekda Lahat Deswan Irsyad menginstruksikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terutama BPBD dan Dinsos Lahat untuk segera memperbaiki sejumlah peralatan Rescue yang rusak.

Hal tersebut ia ungkapkan saat Rapat Koordinasi dalam rangka kesiapan menghadapi kemungkinan bencana alam banjir dan tanah longsor bersama Forkopimda, di ruang Opp Room Pemda Lahat, Rabu (27/1/2021).

Dalam rapat tersebut, berdasarkan laporan PLH Kadinsos Lahat Endang S, diketahui sejumlah peralatan rescue di Dinsos Lahat banyak mengalami kerusakan, di antaranya 1 unit Mobil Rescue, 1 unit Motor Trail, 1 unit Genset, 3 unit Perahu Karet, 3 unit Perahu Arung jeram.

Baca juga:  Bupati Muara Enim dan Kakanwil Kemenkumham Sumsel Resmikan Balai Latihan Produktif Lapas Muara Enim

“Sementara alat tersebut merupakan hal penting saat penyelamatan ketika terjadi bencana alam,” terang Endang.

Menanggapi hal tersebut, mewakili Bupati Lahat Cik Ujang, S.H., Sekda Lahat Deswan Irsyad memerintahkan agar seluruh OPD harus memastikan semua peralatan benar-benar siap dalam menghadapi kemungkinan akan terjadinya bencana alam.

“Setiap peralatan rescue harus siap, kendaraan BBMnya harus penuh, baterai dalam kondisi baik. Habis rapat ini segera lakukan perbaikan, Jika perlu disimulasikan sekarang, agar seluruh satgas TAGANA dan BPBD bisa dengan cepat sigap dalam menghadapi bencana alam yang datang secara tak terduga” tegasnya.

Baca juga:  Tinjau Pabrik Mobil Listrik, Menko Luhut Akui Bangga Bawa Indonesia Jadi Negara Makin Ramah Lingkungan

Dalam rapat tersebut, diketahui berdasarkan keterangan Kepala BPBD Ali Afandi, terdapat beberapa kecamatan yang akan mengalami pergerakan tanah akibat potensi curah hujan yang cukup tinggi, di antaranya Gumay Ulu, Gumay Talang, Pseksu, Pagar Gunung, Pulau Pinang, Tj sakit Pumu dan Pumi, Kimsel, Mulak Ulu, Kota Agung.

“Informasi tersebut bersumber dari Badan Geologi RI, oleh karena itu kita harus siap siaga,” ujarnya.

Baca juga:  Jumlah Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Di Kab. Lahat Mencapai 20 Orang

Menanggapi hal tersebut, Sekda memerintahkan agar BPBD bisa memitigasi daerah-daerah yang berpotensi terjadi bencana longsor.

“Mitigasi diperlukan agar setiap stakeholder dan camat bisa melakukan kesiapan sejak dini,” imbuhnya

Pantauan enimtv.com, rapat juga dihadiri oleh Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Syawaf Al Amien, Wakapolres Kompol Jossy, perwakilan dari Kajari Lahat, Kasat Pol PP Fauzan Khoiri, Plh Kadinkes Lahat Taufik M Putra, Kadis PUPR Ir. Mirza Azhari, beserta segenap kepala OPD lainnya. (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *