oleh

RSTA Tidak Hanya Lakukan Pelayanan Medis, Juga Penambahan Layanan Dapur Umum

SULBAR, ENIMTV – Jumat 22 Januari 2021, kapal pinisi Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) meninggalkan dermaga Paotere Makassar menuju Sulawesi Barat untuk melakukan misi bakti sosial membantu korban gempa.

Dr Agus Harianto SpB, direktur RSTKA, mengatakan, “Ada hikmah dari keterlambatan kami. Memang, ada perasaan sedih saat yang lain sudah bekerja memberikan pertolongan, sementara kami masih terhambat di Makassar. Namun, ini seperti jalan yang dibukakan Tuhan agar kami bisa memberikan pelayanan yang lebih lengkap.”

Baca juga:  Di Tengah Laut, Satgas Latma Cassowary Exercise Laksanakan Latihan Pembebasan Kapal

Keberangkatan kapal sempat tertunda dari jadwal semula, karena cuaca buruk saat dalam perjalanan dari Surabaya dan saat melintasi sisi timur Laut Jawa. Cuaca tidak juga membaik saat kapal berlabuh di Makassar. Dengan pertimbangan cuaca, kapal berada di Makassar hingga dua hari.

Penundaan keberangkatan ini dimanfaatkan untuk mempersiapkan pelayanan lebih lengkap. Para relawan berkesempatan belanja untuk kebutuhan dapur umum. Kapal berangkat dengan tambahan muatan dua ton beras dan satu ton sembako dan keperluan dapur lainnya.

Baca juga:  Presiden Jokowi Usulkan KSAD Agus Subiyanto Jadi Pengganti Panglima TNI Yudo Margono

Perjalanan dari Makassar menuju Sulawesi Barat diperkirakan memakan waktu 35 jam.

RSTA Bukan hanya melakukan pelayanan medis di kapal, relawan RSTKA juga diterjunkan kekawasan lain yang membutuhkan.

RSTKA merupakan  kapal pinisi yang dilengkapi peralatan medis dan obat-obatan. Sebagaimana rumah sakit, di dalam kapal juga terdapat ruang operasi dan layanan medis lainnya.

Baca juga:  Herman Deru: 99 Persen Wilayah Sumsel Sudah Dialiri Listrik

Relawan RSTKA juga menyiapkan layanan trauma healing, layanan edukasi, layanan kesehatan, penyediaan air bersih, terapi kerja, dan shelter hunian sementara kerjasama dengan ITB, dan layanan lain.

 

Sumber, Humas RSTKA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *