oleh

Operasi Lilin Musi 2020, Polres Lahat Dirikan 3 Pos Pelayanan dan Pengamanan

LAHAT, ENIMTV – Sebagai bentuk pengamanan menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres Lahat melaksanakan Operasi Lilin Musi 2020 selama 15 hari, mulai dari 21 Desember 2020 s.d. 4 Januari 2021.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono, S.I.K. melalui Humas Aiptu Lispono dalam keterangan tertulis kepada awak media, Senin (21/12/2020).

Dalam pelaksanaan Operasi Lilin Musi 2020, Polres Lahat telah mendirikan 3 pos yang terdiri dari 1 pos pelayanan dan 2 pos pengamanan.

“Pos pelayanan berada di simpang Stasiun Kota Lahat. Sedangkan 2 pos pengamanan berada di depan City Mall dan di depan Plasa Benteng pinggir Lematang,” jelas Lispono.

Baca juga:  Greysia/Apriyani Sabet Medali Emas Olimpiade Tokyo

Operasi Lilin Musi 2020 dimulai dengan Apel Gelar Pasukan dan dilanjutkan dengan Patroli Road Show pengecekan pos pengamanan dan pos pelayanan.

Giat tersebut juga diikuti oleh Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Shawaf Al-Amin, S.E., M.Si., Wakapolres Lahat Kompol Josy Andrianto, S.S.T., M.M., Kabag Ops Polres Lahat Kompol Sunarso, S.H., beserta unsur Forkopimda Pemkab Lahat lainnya.

Lispono menjelaskan, giat kali ini bertemakan “Melalui Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2020 Musi, Kita Tingkatkan Sinegeritas Polri dengan Instansi terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 di Tengah Pandemi Covid-19.

Baca juga:  Jelang HUT Bhayangkara, Kapolri Lepas 60 Ribu Paket Sembako

Kapolres Lahat, kata Lispono, dalam amanatnya menekankan kepada anggota bahwa pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan, sehingga menjadikan kita cenderung underestimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini dan kita harus lebih peduli.

“Berdasarkan mapping kerawanan tingkat nasional, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, aksi perusakan fasilitas umum dan aksi kriminalitas lainnya, serta ancaman bencana alam yang menuntut kita harus siap siaga, yang bisa kemungkinan hal tersebut terjadi di wilayah kita,” paparnya.

Baca juga:  Bareskrim Polri Tetapkan Pengacara Djoko Tjandra Sebagai Tersangka

Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan, Kapolres Lahat meminta para anggotanya harus mempedomani beberapa hal dalam pelaksanaan Operasi Lilin Musi 2020 ini. Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan. Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang. Ketiga, tingkatkan kewaspadaan dan kepekaan situasi.

“Kemudian laksanakan penegakan hukum secara profesional dan tetap menjadi suri tauladan bagi keluarga, teman dan masyarakat,” tegas Kapolres Lahat. (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *