oleh

Jalankan Misi Perdamaian Dunia, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-O/Unifil Lebanon Tahun 2020 Yonif 141/AYJP Diberangkatkan

MUARA ENIM, ENIMTV – Sebanyak 208 prajurit TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) 141/AYJP akan menjalankan misi perdamaian dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuju ke Lebanon.

208 personil TNI tersebut dilepas keberangkatannya oleh Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H. dalam Upacara Pelepasan Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Mekanis (Yonmek) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-O/Unifil Lebanon Tahun 2020, di Lapangan Sai Sohar Yonif 141/AYJP di Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (5/12/2020).

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Muara Enim menyampaikan bahwa dirinya atas nama Kepala Daerah dan Pemkab Kabupaten Muara Enim, mengucapkan selamat bertugas kepada para prajurit TNI Yonif 141/AYJP yang akan mengemban misi perdamaian dunia dalam Kontingen Garuda XXIII-O/Unifil Lebanon Tahun 2020.

Baca juga:  Kebakaran di Tanjung Enim, 1 Orang Meninggal Dunia

“Ini merupakan sebuah tugas besar dan mulia. Karena selain membawa nama baik Bangsa dan Negara Indonesia melalui misi perdamaian dengan menjaga stabilitas keamanan perbatasan Israel dan Lebanon, namun juga membawa misi kemanusiaan dengan melindungi warga sipil sebagai bentuk eksistensi Republik Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dan ketertiban dunia,” ungkap Juarsah.

“Kami doakan agar semua pasukan TNI yang diberangkatkan agar diberikan kesehatan dan keselamatan selama bertugas serta dapat kembali pulang ke Tanah Air, kembali lagi di Kabupaten Muara Enim ini tanpa kurang satu apapun, Selamat Jalan dan Selamat Bertugas,” ucapnya.

Baca juga:  Sinergitas Tanpa Batas, Kalapas Muara Enim Coffee Morning Bersama Awak Media.

Sementara itu, Komandan Yonif 141/AYJP, Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P. berpesan kepada personil yang akan diberangkatkan agar tetap melaksanakan tugas sebaik-baiknya.

“Jaga nama baik satuan kita, Batalyon kita Yonif 141. Kemudian Kodam II Sriwijaya, TNI Angkatan Darat, dan lebih-lebih Indonesia, karena kita berkiprah di dunia Internasional,” ucap Dani.

Kemudian, Dani juga berharap kepada pasukan yang ditinggal di homebase, untuk tetap melaksanakan kegiatan sesuai program yang sudah ada, yang sudah diturunkan dari Mabes AD, Kodam, Korem di Yonif 141/AYJP.

Baca juga:  Pemerintah Wajibkan Warga Kenakan Masker saat Beraktivitas di Luar Rumah

“Laksanakan tugas itu dengan baik. Jaga nama baik satuan kita, jaga personil yang masih ada di homebase, beserta keluarganya yang ada di homebase. Sehingga kita yang berangkat melaksanakan tugas di Lebanon dan yang tinggal homebase sama-sama menjaga dan melaksanakan tugas dengan baik,” tutupnya.

Untuk diketahui, sebelum diberangkatkan ke Lebanon, 208 personil Yonif 141/AYJP bersama 109 personil Kodam II Sriwijaya akan dikumpulkan di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) Bogor untuk bergabung bersama Matra lainnya dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Sehingga nantinya personil yang diberangkatkan ke Lebanon berjumlah 850 orang. (Aal)

Selengkapnya ———- Simak video

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *