oleh

Mantapkan Diri Sebagai Kawasan Food Estate Nasional, Juarsah Ajak Camat dan Kades Belajar ke Cianjur

CIANJUR, ENIMTV – Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan daerah dan menunjang persiapan sebagai daerah food estate (lumbung pangan) nasional baru yang ditetapkan Presiden Joko Widodo, Selasa pagi (1/12/2020) Plt. Bupati Muara Enim didampingi Plt. Ketua TP. PKK Kabupaten Muara Enim, Dra. Hj. Nurhilyah Juarsah dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Perekobang), Amrullah Jamaluddin, S.E., melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Plt. Bupati beserta rombongan yang terdiri dari para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, beberapa camat dan kepala desa diterima Asisten Perekobang Kabupaten Cianjur, Ir. H. Yanto Hartono, M.M., di Ruang Garuda, Rumah Dinas Bupati Cianjur.

Baca juga:  Pemerintah Umumkan Kenaikan Harga BBM, Pertalite Rp 10.000-Pertamax Rp14.500 per Liter

Dalam sambutannya, Plt. Bupati menyampaikan bahwa dirinya mengapresiasi pembangunan di Kabupaten Cianjur, khususnya sektor pertanian yang dinilai sudah jauh lebih unggul sebagai penyedia input perekonomian daerah, sehingga memiliki kemampuan mendorong pertumbuhan sektor-sektor ekonomi lainnya.

Demikian halnya di sektor perikanan, khususnya perikanan darat atau air tawar juga mampu menghasilkan tambahan pendapatan rumah tangga. Apalagi topografi Kabupaten Cianjur yang tak jauh berbeda dengan Kabupaten Muara Enim, sehingga menurut Plt. Bupati sangat tepat untuk mengajak kepala OPD, terutama para Kades untuk belajar dan melihat langsung kegiatan pertanian maupun perikanan di Cianjur dalam menunjang konsep agribisnis, agrowisata dan agropolitan daerah.

Baca juga:  100 Warga Binaan Lapas Muara Enim Jalani Vaksinasi Tahap II

Sementara itu, Asisten Perekobang Kabupaten Cianjur menyambut baik kedatangan Plt. Bupati Muara Enim beserta rombongan. Ia memastikan Pemkab. Cianjur membuka ruang diskusi dan berbagi ilmu seluas-luasnya, termasuk juga meminta masukan maupun pencapaian yang telah dilakukan Kabupaten Muara Enim, khususnya di bidang pertanian dan perikanan.

Dalam kegiatan ini, Plt. Bupati Muara Enim beserta rombongan mengunjungi UPTD Sub-Terminal Agribisnis Kabupaten Cianjur, Balai Penelitian Tanaman Hias di Kecamatan Pacet, pusat agribisnis dan budidaya pertanian Gapoktan Mujagi dan kawasan budidaya perikanan Kabupaten Cianjur.

Baca juga:  Bareskrim Polri Ringkus Hacker Yang Retas 1.309 Situs Milik Pemerintah

Juarsah berharap melalui kegiatan ini dapat membuka wawasan dan menyemangati para OPD dan Kades untuk meningkatkan pembangunan maupun daya saing daerah dalam mewujudkan Muara Enim sebagai kawasan food estate nasional. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *