Gubernur Sumsel Ikuti Panen Raya di Desa Pinang Belarik

Berita, Daerah202 views

MUARA ENIM, ENIM – Guna menjaga ketahanan pangan, Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar Panen Raya Padi Sawah Tadah Hujan IP 200 (Ume Sele) Tahun 2020 bersama warga di Desa Pinang Belarik, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (20/8/2020).

Acara Panen Raya ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, S.H., M.M., yang dalam kesempatan ini masuk dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Muara Enim.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Muara Enim sangat gembira, karena kehadiran Gubernur Sumsel dalam acara panen raya ini.

Baca juga:  Indonesia Catat Penghargaan MURI Pendaratan Pertama Seaplane di Atas Danau

“Pada hari ini kita kedatangan tamu spesial, Gubernur kesayangan kita semua untuk bersama melaksanakan Panen Raya Padi Sawah di Desa Pinang Belarik,”

Dikatakan Plt. Bupati, bahwa pelaksanaan Panen Raya ini ada sekitar 83 hektare lahan tadah hujan, serta dilakukan panen 3 kali dalam 1 tahun, dengan harapan Kabupaten Muara Enim bisa meningkatan produksi padi di tingkat nasional, dengan target tahun 2020 ini 59,15 ton gabah.

Baca juga:  Buka Lomba "Njale Rambang", Pj Bupati Imbau Masyarakat Jaga Kelestarian Sungai Enim

Sementara itu, Gubernur Sumsel sangat mengapresiasi Kabupaten Muara Enim serta warga Desa Pinang Belarik, atas penyelenggaraan panen raya yang tidak hanya 1-2 kali saja per tahun, ini bisa sampai 3 kali dalam 1 tahun.

Lebih lanjut, Gubernur Sumsel mengatakan, kedatangannya secara langsung membawa Anggota DPRD Sumsel dan Kepala Perangkat Daerah Provinsi Sumsel ke desa, agar bisa mendengar keluhan dari masyarakat langsung.

“Apa yang menjadi permasalahan utama dalam pengolahan pertanian di desa dan akan segera kita tindak lanjuti, seperti pengairan air sawah dan alat mesin pertanian (Alsintan),” ucap Herman Deru.

Baca juga:  Hadiri Munas ADPM IV, Bupati Muara Enim Minta Keterlibatan Daerah dalam Mengakses Data Lifting Migas

Pada kesempatan ini juga, Gubernur Sumatera Selatan dan Plt. Bupati Muara Enim memberikan sejumlah bibit tanaman dan bibit ikan yang diserahkan langsung kepada masyarakat di Desa Pinang Belarik.

Turut hadir pula Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Dra. Hj. Nurhilyah Juarsah sekaligus sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan Dapil VI (enam), serta kepala dinas/instansi di Kabupaten Muara Enim. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *