oleh

Pemkab. Muara Enim Terima Dana Bantuan Khusus Siaga Bencana Asap dan Karhutla dari Gubernur Sumsel

MUARA ENIM, ENIMTV – Guna mengantisipasi kondisi tahunan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan penetapan status siaga darurat bencana asap di Provinsi Sumatera Selatan, Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H. bersama Kapolres dan Dandim 0404 Muara Enim mengikuti Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Karhutla Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020 yang dipimpin oleh Gubernur Sumatera Selatan di Kebun Raya Sriwijaya, Kecamatan Muara Belida, Kabupaten Muara Enim, Selasa (30/6/2020).

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menyampaikan bahwa kegiatan apel ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personil dan peralatan lintas sektoral, baik pemerintahan daerah, Kepolisian, TNI, BNPB maupun masyarakat luas dalam menghadapi Karhutla di wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Semua institusi yang ada diminta agar fokus pada patroli dan sosialisasi langsung kepada masyarakat.

Baca juga:  Pj Bupati Serahkan Bantuan Terdampak Covid-19 kepada 693 Mahasiswa Muara Enim

Sementara itu, Plt. Bupati Muara Enim menyatakan siap mencegah dan menanggulangi bencana asap akibat Karhutla. Pada awal bulan ini, Kabupaten Muara Enim telah menetapkan status Siaga Darurat Bencana Karhutla melalui SK Nomor 468/KPTS/BPBD/2020 tertanggal 2 Juni 2020. Disamping itu, Plt. Bupati juga telah menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menyiapkan 8 (delapan) pos komando (Posko) yang tersebar di kawasan lahan gambut dan kawasan lahan organik. Tak hanya itu, semua perusahaan BUMN/BUMD/BUMS yang beroperasi di Kabupaten Muara Enim, termasuk aparat mulai dari desa hingga kecamatan juga telah disiagakan.

Baca juga:  Satgas BLBI Sita Aset Perusahaan Tommy Soeharto Senilai Rp 600 Miliar

Dalam kegiatan ini, Plt. Bupati menerima bantuan dana dari Gubernur Sumatera Selatan untuk pencegahan dan penanggulangan bencana Karhutla di Kabupaten Muara Enim. Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Selatan Nomor.360/KPTS/BPKAD/2020 tentang Alokasi Belanja Bantuan Keuangan Bersifat Khusus dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla, Pemkab. Muara Enim mendapat dana bantuan sebesar Rp. 5 miliar yang bertujuan untuk digunakan pada pengadaan peralatan personil pemadam kebakaran, mobil tanki mesin pompa, genset, peralatan komunikasi dan lain sebagainya.

Baca juga:  Kongres Pertama FPSIN, Bernadus Wilson Lumi Terpilih sebagai Ketum

Plt. Bupati memastikan akan memaksimalkan personil dan peralatan dalam menghadapi bencana tahunan ini. Apalagi dengan bantuan dana dari Gubernur tentunya akan menambah daya dan usaha dalam menunjang kegiatan tersebut.

Turut hadir mendampingi Plt. Bupati Muara Enim dalam apel bersama ini yaitu Kadin BPBD, Kadin Perkebunan dan Kabag Protokol & Komunikasi Pimpinan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.