PTBA Raih Apresiasi Perusahaan Terbaik di Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Berita, Nasional23 views

JAKARTA, ENIMTV – PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota Grup MIND ID, sukses menyabet penghargaan Indonesia Best Companies in HSE Implementation 2024 dari SWA Media Group pada Senin (4/3/2024).

Penghargaan ini merupakan bukti bahwa Perusahaan telah menerapkan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan baik. Untuk diketahui, PTBA berhasil menjaga standar K3 sehingga nihil kecelakaan kerja (zero fatality) sepanjang tahun 2023.

Direktur Operasi dan Produksi PT Bukit Asam Tbk, Suhedi, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas apresiasi yang diberikan.

“Budaya K3 merupakan bagian dari prinsip praktik pertambangan terbaik (Good Mining Practice) yang senantiasa kami jalankan. Hal ini amat penting untuk mendukung bisnis Perusahaan dan melindungi para karyawan. Penghargaan ini menjadi penyemangat kami untuk terus berinovasi memperkuat budaya K3,” kata Suhedi.

Baca juga:  Green Mining, PTBA Tanam Pohon Bersama di Lahan Bekas Tambang

Berbagai upaya dilakukan PTBA untuk meningkatkan budaya K3. Sistem Manajemen K3 (SMK3), Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP), ISO 45001 – 2018 menjadi standar dan pedoman bagi Perusahaan dalam pengelolaan keselamatan pertambangan.

Prinsip Golden Rules dijunjung tinggi untuk memastikan kesehatan dan keselamatan di lingkungan operasional. Golden Rules merupakan aturan-aturan mendasar yang harus diikuti semua karyawan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan kerja. Sejumlah Agent SHE (Safety Health & Environment) melakukan pengawasan K3 di lokasi kerja masing-masing.

Baca juga:  Adakan Pertemuan, Polres Muara Enim-Bapas Lahat Bahas Perjanjian Kerja Sama

Untuk menghindari risiko tinggi dalam pekerjaan, Perusahaan telah membuat Surat Edaran yang memberikan otorisasi kepada setiap karyawan dan mitra kerja untuk menunda atau menghentikan sementara pekerjaannya atau pekerjaan orang lain bila ditemukan kondisi membahayakan bagi keselamatan.

PTBA juga memanfaatkan digitalisasi proses bisnis untuk memperkuat K3. Aplikasi CISEA (Corporate Information System & Enterprise Application) yang dikembangkan Perusahaan memiliki fitur Safety, SHE News, dan Mine Permit.

Selain itu, kesehatan fisik maupun mental para karyawan juga dijaga melalui berbagai program di antaranya yakni program konseling untuk karyawan dan Fun Walk Challenge With Partner 52 KM setiap bulannya.

Baca juga:  Selamat! 50 Penerima Beasiswa Bidiksiba 2023 Mulai Kuliah

“Dengan implementasi budaya K3 yang kuat, kegiatan pertambangan dapat berlangsung dengan efektif dan aman. Karena itu, kami berkomitmen terus memperkuat budaya K3 hingga tingkat risilent untuk mendukung visi PTBA menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan,” tutup Suhedi.

Penghargaan Indonesia Best Companies in HSE Implementation 2024 merupakan ajang apresiasi yang diberikan SWA Media Group kepada entitas bisnis di berbagai sektor yang telah menerapkan budaya K3 dengan baik.

Selain itu, tujuan penghargaan ini adalah mendorong perusahaan menjalankan program perlindungan karyawan lebih dari sekadar mematuhi regulasi yang ada, sehingga terbuka ruang untuk berinovasi, termasuk memanfaatkan teknologi digital. (Aal/Humas PTBA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *