oleh

Atasi Masalah Persampahan, Pj Bupati Muara Enim Luncurkan Mesin Pemusnah Sampah IPI AWS 50 

MUARA ENIM, ENIMTV – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Ahmad Rizali meluncurkan Mesin Pemusnah Sampah produksi PT. Indo Power Internasional (IPI) jenis Sistem Konversi Limbah Lanjutan (Advance Waste Conversion System/AWS) tipe 50, di TPA Bukit Kancil, Kelurahan Air Lintang, Kecamatan Muara Enim, Selasa (13/02/2024).

Mesin Pemusnah Sampah IPI AWS 50 ini merupakan bantuan dari Program CSR PT Bukit Asam Tbk, dengan kapasitas untuk memusnahkan sampah sebanyak 10 ton per hari.

Diketahui, TPA Bukit Kancil ini memiliki cakupan melayani 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Muara Enim dengan timbulan sampah masuk sekira 30 ton per hari dan Kecamatan Lawang Kidul dengan timbulan sampah sekira 40 ton per hari, sehingga secara total menerima sekira 70 ton timbulan sampah per hari.

Baca juga:  Raih Kabupaten Sangat Inovatif di Indonesia, Bupati Muara Enim Terima IGA Award 2020

Dalam sambutannya, Pj Bupati Muara Enim menyampaikan rasa syukur bahwa Kabupaten Muara Enim, khususnya UPTD TPA Bukit Kancil telah memiliki mesin pemusnah sampah yang sangat ramah lingkungan karena mampu memanfaatkan limbah sampah untuk diolah atau dikonversikan menjadi sumber energi alternatif.

“Kehadiran mesin ini diharapkan dapat membantu memaksimalkan pengelolaan sampah di TPA Bukit Kancil seluas 28,5 hektar ini,” ujar Rizali.

Pj Bupati atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Muara Enim, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sumbangsih maupun kepedulian PTBA terhadap berbagai pembangunan di Kabupaten Muara Enim, salah satunya yaitu dengan pengadaan mesin pemusnah sampah ini yang didanai melalui program CSR PTBA.

Baca juga:  Wisuda Universitas Bina Darma Bakal Digelar Sesuai Prokes COVID-19

Menurutnya, bantuan mesin pemusnah sampah ini sebagai respon atas kebutuhan masyarakat Kabupaten Muara Enim akan pengelolaan sampah yang baik dan ramah lingkungan.

Sementara itu, Vice President Sustainability PTBA Hartono mengatakan, inisiasi awal mesin pemusnah sampah ini merupakan kerja sama/kolaborasi antara Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muara Enim dengan PTBA.

“Karena memang kita melihat masalah persampahan ini merupakan salah satu masalah krusial yang perlu segera diselesaikan,” kata Hartono.

Baca juga:  PTBA Salurkan 95 Hewan Kurban untuk Masyarakat

Hartono berharap dengan inisiasi awal ini nantinya efektivitas dan efisiensi ke depannya bisa ditingkatkan terkait dengan penggunaannya, untuk kapasitasnya juga akan ditingkatkan.

“Harapannya memang permasalahan untuk sampah dan untuk lingkungan pada umumnya itu bisa teratasi dengan hadirnya mesin pemusnah sampah ini,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, di antaranya Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Nugraha, Kapolres Muara Enim diwakili Kabag Ren Kompol Arifin, Pj Ketua TP PKK Rose Mafiana, Plt Asisten 2 Ahmad Yani Heriyanto, Plt Asisten 3 M. Tarmizi Ismail, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Alfarizal, dan Kepala Dinas Kominfo Ardian Arifanardi. (Aal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *