Hadiri Sedekah Dusun di Desa Pinang Belarik, Asisten I Ajak Masyarakat Berdayakan Gotong Royong

Berita, Daerah26 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Gotong royong merupakan salah satu budaya peninggalan leluhur yang harus diberdayakan dan lestarikan, utamanya dalam mendukung dan mengawasi laju roda pembangunan di desa.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Muara Enin Emran Tabrani saat menghadiri acara Tasyakuran Sedekah Dusun sekaligus Peresmian Balai Serba Guna (GSG) Dusun IV Desa Pinang Belarik, Kecamatan Ujan Mas, Kamis pagi (04/01/2024).

Dalam sambutannya, Asisten I mengatakan kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, sekaligus menjadi ajang silaturahmi untuk saling mengenal, baik antar warga desa maupun desa sekitarnya.

Baca juga:  Kejari Prabumulih Gelar Mobil Penyuluhan Hukum di Kantor Kelurahan Gunung Ibul

“Termasuk sanak, saudara, handai taulan yang sempat datang pulang dari luar daerah pada hari ini,” kata Emran.

Di samping itu, lanjutnya, kegiatan sedekah dusun ini juga merupakan sarana untuk mengenang perjuangan para leluhur yang telah berjuang dalam mendirikan Desa Pinang Belarik, yang mana semangat juang leluhur ini harus diteruskan oleh para generasi penerus, salah satunya dengan melestarikan adat istiadat setempat.

Baca juga:  Presiden Jokowi Dukung Upaya Peningkatan Kualitas Peradilan MA

“Desa memiliki otonominya sendiri yang erat kaitanya dengan adat istiadat setempat. Adat istiadat inilah yang menjadi pondasi dasar roda pembangunan di desa, salah satunya budaya gotong royong dengan bahu-membahu melaksanakan serta mengawasi pembangunan yang ada di desa,” tutur Asisten I.

Menurut Emran, semangat kebersamaan gotong royong ini harus diiringi dengan musyawarah mufakat yang menghasilkan kesepakatan bersama dalam menentukan arah roda pembangunan yang ada di desa.

Baca juga:  Sekjen Gerindra: Semua Partai Ingin Prabowo Jadi Magnet Koalisi untuk Pilpres 2024

“Mengingat saat ini tengah memasuki awal tahun yang baru, saya berpesan kepada kades dan perangkat desa untuk merumuskan rencana pembangunan di desa dengan musyawarah untuk menghindari terjadinya gesekan-gesekan, tentunya dengan mengedepankan skala prioritas,” tegas Asisten I.

Usai meresmikan gedung serba guna yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Asisten I bersama beberapa Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, Camat Ujan Mas dan sejumlah kades, acara ditutup dengan hiburan dan makan siang bersama. (Aal/Diskominfo-ME)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *