Tingkatkan Kepatuhan Berlalu Lintas, Polres Muara Enim Gelar Ops Patuh Musi 2 Selama 14 Hari

Berita, Daerah36 views

MUARA ENIM, ENIMTV –  Polres Muara Enim Polda Sumsel menggelar apel gelar pasukan Operasi Patuh Musi 2 tahun 2023, di lapangan Mapolres Muara Enim, Senin (10/7/2023).

Operasi Patuh Musi 2 tahun 2023 ini digelar selama 14 hari, terhitung dari 10 s.d. 23 Juli 2023, dengan tujuan untuk untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, serta mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi memimpin apel tersebut dan menyematkan pita Operasi kepada perwakilan personel dari Polisi Militer, Polisi Lalu Lintas, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

Baca juga:  Komjen Listyo Sigit Tegaskan Polisi Terlibat Narkoba Akan Dipecat dan Dipidana

Hadir dalam apel tersebut, antara lain Wakapolres Muara Enim Kompol CS. Panjaitan serta para pejabat utama Polres Muara Enim, personel dari Polisi Militer, Polres Muara Enim, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Muara Enim.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi menyampaikan amanat tertulis dari Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, yang menjelaskan fungsi Kepolisian di bidang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Fungsi tersebut diberikan oleh Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yaitu memberikan jaminan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran masyarakat dalam berlalu lintas,” ujar Andi.

Baca juga:  Gelar FGD, Polri Paparkan Prinsip Pemolisian di Tengah Pandemi Covid-19

Andi menuturkan, permasalahan lalu lintas di Sumatera Selatan semakin kompleks dan dinamis, terutama setelah status pandemi Covid-19 diubah menjadi endemi.

“Kondisi aktivitas dan pergerakan masyarakat sudah kembali normal seperti sebelum pandemi terjadi. Volume kendaraan yang melintas di jalan-jalan Provinsi Sumatera Selatan mengalami peningkatan signifikan,” tuturnya.

Operasi Patuh 2023, terang Andi, dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, dengan sandi “Operasi Patuh Musi 2023”.

“Tujuan operasi ini adalah menargetkan orang, lokasi, barang/benda, dan kegiatan secara tematik sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing. Bedanya dengan tahun sebelumnya, operasi tahun ini lebih mengedepankan pendekatan edukatif, persuasif, dan humanis, serta menggunakan sanksi elektronik/teguran dalam penegakan hukum terhadap tujuh prioritas pelanggaran,” terangnya.

Baca juga:  Menteri Rini Sebut Pembangunan Kawasan Terpadu Labuan Bajo Tahap 1 Selesai Juli 2020

Diharapkan dengan pelaksanaan Operasi Patuh Musi 2 Tahun 2023, kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dapat meningkat, serta angka pelanggaran dan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas dapat turun.

“Para personel diharapkan melaksanakan tugas operasi dengan penuh rasa bertanggung jawab dan niat beribadah. Selain itu, mereka juga diminta untuk menjaga keselamatan, meningkatkan kewaspadaan terhadap pihak-pihak yang berniat melakukan tindakan negatif terhadap Kepolisian,” pungkas Andi. (Aal/Humas Polres ME)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *