oleh

Peringati Hari Batik Nasional 2022, Rumah Batik Serasan Gelar Pelatihan Batik Tulis

MUARA ENIM, ENIMTV – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional tahun 2022, Rumah Batik Serasan (RBS) Muara Enim bersama Pondok Seni Budaya Anananguai (PSBA) Kampung Kemayoran Muara Enim menggelar Pelatihan Batik Tulis di Kampung Kemayoran Bewarne, Sabtu (01/10/2022).

Pengelola RBS, Totok Adi Hermanto, S.T., M.M. atau akrab dipanggil Totok, menjelaskan bahwa Pelatihan Batik Tulis adalah rangkaian kegiatan memperingati Hari Batik Nasional yang dilaksanakan selama 2 hari.

“Pelatihan Batik Tulis ini diharapkan dapat menciptakan pembatik tulis yang andal, sehingga di RBS sendiri akan terbentuk divisi batik tulis yang siap memproduksi batik khas Muara Enim,” jelas Totok.

Totok mengatakan, pelatihan ini adalah langkah awal dari kolaborasi RBS dengan PSBA, yang diharapkan dapat menciptakan peluang usaha dan mampu menyerap tenaga kerja, khususnya ibu-ibu yang ada di Kemayoran, Pasar 1, Kecamatan Muara Enim, dalam meningkatkan perekonomian keluarga pasca pandemi,

“Alasan dipilihnya Kampung Kemayoran Bewarne karena para penggiat PSBA dan warga di Kampung Kemayoran ini memiliki banyak potensi dan bakat yang dapat dikembangkan, seperti seni rupa, kriya, seni musik dan juga pelaku kreatif, dan ini berpotensi mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar,” katanya.

Di tempat yang sama, Fideraini Z selaku Ketua RW 02 Kemayoran, sekaligus Penasihat PSBA Muara Enim didampingi Pengurus PSBA lainnya, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Pihak RBS dan berbagai pihak yang terlibat.

Baca juga:  Rumah Kontrakan Sering Dijadikan Tempat Transaksi Narkoba, 3 Pemuda Ini Diciduk Polisi

“Terima kasih kepada RBS, Pemkab Muara Enim, CSR PAMA, Bank Sumsel Babel, Ibu Notaris Dessi Puspa Asni serta pihak-pihak terkait lainnya atas perhatian dan supportnya telah terlaksana Pelatihan Batik Tulis di Kampung Kemayoran ini,” ucap Fideraini.

Fideraini berharap kegiatan Pelatihan Batik Tulis ini berkelanjutan dan berkesinambungan, agar ibu-ibu warga Kemayoran dan para Komunitas PSBA ini terus berkarya.

“Bila perlu nantinya Kampung Kemayoran ini menjadi Kampung Batik Tulis yang ada di Kabupaten Muara Enim khususnya,” ujarnya.

Masih dikatakan Fideraini, bahwa dirinya dulu pernah menjadi Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Muara Enim dan juga pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Muara Enim.

Fideraini menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Daerah, Pihak Perusahaan yang ada di Muara Enim ini serta pemangku kepentingan, khususnya kepada pihak PTBA Tanjung Enim, untuk memberikan support terhadap kegiatan yang berdampak positif bagi masyarakat Kemayoran khususnya, Muara Enim ke depannya.

Kadin Perdagangan Syarpuddin, S.Sos., M.Si. melalui Kabid Perindustrian Dr. Dessy Hershanty, S.E., M.M. dalam sambutannya seraya membuka kegiatan ini, menyampaikan harapannya agar Kampung Kemayoran Bewarne ini dapat menjadi Kampung Batik yang ada di Muara Enim.

Baca juga:  Operasi Pasar di Muara Enim, 4000 Liter Minyak Goreng Ludes Terjual Dalam Hitungan Jam

“Kami berharap pelatihan ini dapat mewujudkan Kampung Kemayoran menjadi Kampung Batik dan tidak hanya itu saja, mungkin bisa dari kriya, kuliner, seni budaya dan keanekaragaman yang bisa dikelola dengan baik dan kegiatan positif lainnya yang bermanfaat, agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan tentunya menjadi perhatian wisatawan dan pengunjung dari luar daerah yang ingin mengunjungi Kemayoran,” ujar Dessy.

Dessy juga menambahkan,  “Harapan kami semoga pelatihan ini ditekuni. Kami juga akan mendukung sampai ke jenjang yang lebih tinggi dan hasil batik tulis ini nanti akan kita jajakan di pusat Gerai Oleh-oleh Milik Pemerintah Daerah. Kami berharap semangatnya kami ini juga diiringi dengan semangatnya para peserta dan ibu-ibu sekalian yang mengikuti pelatihan batik tulis ini,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, CSR Officer PAMA Joko Budi Santoso juga menyampaikan dukungan atas kegiatan ini.

“PT PAMA sangat mendukung pelatihan ini, kami harap nantinya apapun permasalahan dan kendala ke depannya bisa berkoordinasi dengan pihak kami dan juga kepada pak Totok dari pihak RBS. Intinya, awali dulu dengan niat yang sungguh-sungguh, mudah-mudahan dari niat yang baik segalanya akan di permudah, semoga pelatihan ini bisa membuahkan hasil dan bisa membantu pendapatan ekonomi keluarga,” ujarnya.

Baca juga:  Tiga Sektor Prioritas Kerja Sama Indonesia–PEA: Pembangunan IKN, Transisi Energi, dan Perdagangan

Sementara itu, Pemimpin Bank Sumsel Babel cabang Muara Enim yang diwakili oleh Aziza Septica Utami juga menyampaikan bahwa BSB sangat mendukung kegiatan pelatihan batik tulis ini.

“Apalagi ini adalah kegiatan positif yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bambang Sugianto, S.H., M.Si. selaku Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekraf Muara Enim, Wulan Pratiwi. S.Sn. dari Balitbangda Muara Enim, Plt. Camat Muara Enim Husni Thamrin, Lurah Pasar 1 diwakili A. Rahim. S.H., Kasi Pelayanan dan Kesos Kelurahan Pasar 1 Muara Enim.

Selain itu, hadir juga Ketua RW 02 Kemayoran Fideraini. Z, Joko Budi Santoso dari CSR PAMA, Pemimpin BSB Benny Maryanto yang diwakili Aziza Septica Utami, serta Ketua RT di Lingkungan RW 02 Kemayoran, Perwakilan dari Pondok Seni Budaya Anananguai Muara Enim Hasdy Sopyan, Apriansyah dan Anggota lainnya.

Pelatihan Batik Tulis ini terselenggara atas dukungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Bank Sumsel Babel Muara Enim, PT Pamapersada Nusantara MTBU, dan Kantor Notaris A. Dessi Puspa Asni. SH.KN.CTL. (SMSI ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *