oleh

Muara Enim Belum Terapkan Sekolah Tatap Muka 100 Persen

MUARA ENIM, ENIMTV – Sejumlah sekolah di beberapa wilayah Indonesia sudah mulai menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara penuh atau 100 persen per Senin (3/1/2022). Lantas bagaimana dengan PTM untuk di sekolah yang berada di Kabupaten Muara Enim?

Pj Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar (HNU) mengatakan bahwa dalam memutuskan hal tersebut tidak boleh asal-asalan mengikuti daerah lain.

“Saya akan melihat, kita ini dalam memutuskan sesuatu tidak boleh ikut-ikutan, harus disesuaikan dengan kondisi karakteristik daerah kita, kita layerkan,” kata HNU saat diwawancara usai upacara peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama di Lapangan Merdeka, Senin (3/1/2022).

Baca juga:  DPC PKB Lahat Gelar Rapat Kerja Wilayah dan Peresmian Kantor

Menurutnya, jika kondisi dan karakteristik di Kabupaten Muara Enim sudah cocok untuk melaksanakan PTM 100 persen, maka tentu akan diterapkan.

“Apakah sudah cocok dengan kondisi PTM yang 100 persen di kabupaten lain. Kalau cocok, kenapa tidak. Tapi kalau belum, jangan dipaksakan, daripada menimbulkan resistensi baru terhadap munculnya klaster-klaster baru,” jelasnya.

HNU pun mengingatkan kembali kerja keras luar biasa semua pihak selama beberapa bulan, untuk mengembalikan Kabupaten Muara Enim pada level 2 dan zona kuning.

“Hari ini kita sebagai salah satu kabupaten yang sudah melaksanakan vaksinasi lebih dari 70 persen. Dan target saya akhir Februari selesai 100 persen dosis 1 sembari secara simultan kita menyelesaikan dosis 2, ini tidak gampang,” ujarnya.

Baca juga:  PTBA Serahterimakan GOR Sepak Takraw dan Mobil Operasional Basnas Kepada Plt. Bupati Muara Enim

Pj Bupati akan meminta masukan dari semua pihak terkait untuk memutuskan PTM 100 persen di Kabupaten Muara Enim.

“Nanti dengan meminta masukan semua stakeholder dan pemangku kepentingan, kita putuskan apakah PTM itu 100 persen atau kita atur sebagaimana yang seharusnya kita lakukan dengan karakteristik daerah kita,” pungkasnya.

Mengutip dari salinan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terkait Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 yang ditetapkan tanggal 21 Desember 2021, disebutkan bahwa terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi agar satuan pendidikan bisa menerapkan PTM 100 persen.

Baca juga:  Bunga Desa di Desa Tapus dan Desa Alai, Plh. Bupati Muara Enim Pastikan Pembangunan Tetap Berjalan

Ketentuan yang dimaksud yaitu satuan pendidikan dengan capaian vaksinasi dosis 2 pada pendidik dan tenaga kependidikan di atas
80% (delapan puluh persen) dan capaian vaksinasi dosis 2 pada warga masyarakat lansia di atas 50% dan peserta didik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di tingkat kabupaten/kota.

Satuan pendidikan yang memenuhi ketentuan tersebut dapat melaksanakan PTM setiap hari dengan jumlah peserta didik 100% (seratus persen) dari kapasitas ruang kelas dan lama belajar paling banyak 6 (enam) jam pelajaran per hari. (Aal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *