oleh

Lakukan Aksi Pencurian, 2 Remaja di Muara Enim Harus Rayakan Tahun Baru di Penjara

MUARA ENIM, ENIMTV – Unit Reskrim Polsek Lawang Kidul mengamankan 2 orang pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) yang masih berusia di bawah umur.

Kedua pelaku RPP (17) dan RGR (15), melakukan aksi pencurian di dua tempat yang berbeda. RPP merupakan warga Desa Lingga Kec. Lawang Kidul. Sedangkan RGR warga Perumahan Bara Lestari, Kec. Lawang Kidul.

Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar melalui Kapolsek Lawang Kidul Iptu Yogie Sugama Hasyim menjelaskan kronologi pencurian yang dilakukan kedua pelaku di tempat pertama pada Selasa (26/10/2021) sekira pukul 04.30 WIB.

“Korban yang baru bangun terkejut melihat 2 handphone miliknya sudah tidak ada lagi di atas kasur. Kemudian korban langsung membangunkan istrinya dan menanyakan handphone tersebut dan dijawab istrinya tidak tahu,” jelas Yogie, seperti dikutip dari laman¬†Humas Polri, Kamis (30/12/2021).

Baca juga:  Lapas Sekayu Ajak Awak Media Kongkow Bareng, Ini Harapan Ketua SMSI Muba

Yogie mengatakan, menurut keterangan korban, memang pada saat itu jendela kamar tidak dalam keadaan terkunci dikarenakan untuk angin supaya masuk ke dalam kamar.

“Paginya korban langsung melaporkan kejadian ke Polsek Lawang Kidul,” katanya.

Lebih lanjut, Yogie menjelaskan kronologi pencurian di tempat kedua yang dilakukan kedua pelaku tersebut pada Sabtu (30/10/2021) sekira pukul 09.30 WIB.

“Korban saat itu bersama dengan rekannya hendak membuka ruko untuk menjual Bakso Aci, setelah itu korban naik ke atas untuk mengambil sapu,” jelasnya.

Yogie menerangkan, sebelum membuka ruko, korban melihat pintu belakang di bagian lantai atas tersebut sudah rusak, papan bagian bawah sebelah kanannya sudah jebol dan pintu gerendelnya tidak bisa digunakan lagi, yang saat itu dalam keadaan tertutup.

Baca juga:  Persiapan Indonesia menjadi Tuan Rumah Pertama Konferensi Polisi dan Penegak Hukum Wanita se Dunia (IAWP 2020)

“Korban terkejut karena 5 buah Gas 3 kg di dekat tangga dan 1 set Speaker warna hitam di atas kulkas serta 1 buah kabel gulungan untuk sambungan listrik sudah hilang. Kemudian korban langsung melaporkan kejadian ke Polsek Lawang Kidul,” terangnya.

Mendapatkan laporan, Kapolsek Lawang Kidul Iptu Yogie Sugama Hasyim langsung memerintahkan Kanit Reskrim Polsek Lawang Kidul Ipda KMS Erwin bersama tim untuk melakukan penyelidikan serta penangkapan terhadap pelaku.

“Pada Selasa, 28 Desember 2021 sekira pukul 20.00 WIB, tim mendapatkan informasi bahwa pelaku RPP sedang berada di kontrakannya di gang Bangka. Kemudian tim langsung bergegas menuju lokasi keberadaan pelaku,” jelasnya.

Pada saat sampai di lokasi, jelas Yogie, tim langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku RPP, yang mana saat itu sedang memainkan handphone.

Baca juga:  Polri Gelar Diskusi Cegah Paham Radikalisme di Polresta Yogyakarta

“Pelaku langsung dibawa ke Polsek Lawang Kidul guna pemeriksaan dan pengembangan,” ujarnya.

Keesokan paginya, setelah melakukan pengembangan hasil dari pemeriksaan terhadap pelaku RPP, terungkap bahwa pelaku tidak sendirian dalam melakukan aksinya, melainkan bersama dengan rekannya yaitu RGR.

“Mendapatkan informasi keberadaan pelaku RGR yang sedang berada di rumahnya, tim langsung bergegas menuju lokasi keberadaan pelaku,” jelasnya.

Setibanya di rumah pelaku, tim langsung melakukan penangkapan. Selanjutnya pelaku langsung dibawa ke Polsek Lawang Kidul guna pemeriksaan lebih lanjut.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga berhasil mengamankan  barang bukti berupa 3 buah Gas LPG 3 kg.

“Kedua pelaku dan barang bukti telah kita amankan di Polsek Lawang Kidul guna pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya. (Aal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *