oleh

Balai BKSDA Papua Barat Lepas Liar Sejumlah Burung Cenderawasih di TWA Sorong

SORONG, ENIMTV – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua Barat dengan dukungan dari PT Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim pada Senin (08/11/2021) melepasliarkan sejumlah burung cenderawasih di Taman Wisata Alam (TWA) Kota Sorong di Provinsi Papua Barat.

Burung cenderawasih yang dilepas di TWA Kota Sorong meliputi lima cenderawasih kuning kecil (Paradisaea minor), dua cenderawasih raja (Cicinnurus regius), tiga cenderawasih toowa cemerlang (Ptiloris magnificus), dan satu cenderawasih mati kawat (Seleucidis melanoleucus).

Baca juga:  Dihadiahi Buku Sastra Karya Penulis Lahat, Herman Deru: Cik Ujang Jangan Berhenti Memicu Potensi

Selain burung cenderawasih, ada tiga burung kakatua jambul kuning (Cacatua sulphurea) dan satu burung nuri kepala hitam (Lorius lory) yang dilepas di TWA Kota Sorong.

Satwa-satwa tersebut telah menjalani rehabilitasi sebelum dilepasliarkan ke TWA Kota Sorong.

Kepala Balai BKSDA Papua Barat Budi Mulyanto mengatakan, burung-burung yang dilepas di TWA Kota Sorong sebagian merupakan satwa yang dikirim oleh BBKSDA Jawa Timur dan sebagian lagi merupakan hasil operasi BBKSDA di wilayah Sorong dan sekitarnya.

Baca juga:  Update 12 Juni 2020: Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Totalnya Menjadi 36.406, Meninggal 2.048, Sembuh 13.213

Budi menyampaikan terima kasih kepada PT Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim yang telah membantu pelepasliaran satwa liar endemik Papua Barat tersebut.

Dodi Yapsenang, Manajer Unit Komunikasi, Relasi, dan CSR PT Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim, mengatakan bahwa perusahaan mendukung pelaksanaan program BBKSDA di Taman Wisata Alam Sorong.

“Seperti pelepasliaran satwa, (pelayanan) klinik satwa, dan penyediaan kandang untuk rehabilitasi satwa yang dalam proses,” katanya. (*)

Baca juga:  Kodim 0404 Muara Enim Bedah Rumah Tak Layak Huni di Desa Simpang Tais Kabupaten PALI

Sumber: ANTARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *