oleh

Ratusan Calon Kades di Kabupaten Muara Enim Deklarasi Damai Jelang Pilkades Serentak

MUARA ENIM, ENIMTV – Ratusan calon Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Muara Enim melakukan deklarasi damai menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Diketahui, sebanyak 106 desa pada 20 kecamatan di Kabupaten Muara Enim akan menggelar Pilkades serentak pada 14 Oktober 2021 mendatang.

Deklarasi damai berupa pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas itu dilakukan di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Kantor Bappeda Muara Enim, Senin (04/10/2021).

Sekitar 20 orang calon Kades hadir langsung membacakan Pakta Integritas di hadapan Pj Bupati Muara Enim dan Forkopimda. Sedangkan yang lainnya mengikuti kegiatan secara virtual dari kecamatan masing-masing.

Baca juga:  Presiden Jokowi Tegaskan Pentingnya Kemitraan UMKM dengan Usaha-Usaha Besar untuk Tingkatkan Daya Saing

Selain calon Kepala Desa, sebanyak 20 orang perwakilan panitia pelaksana Pilkades serentak juga melakukan hal yang sama.

Pj Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar mengatakan deklarasi damai Pilkades serentak ini menjadi suatu proses yang sangat penting, setelah penetapan bakal calon (balon) kepala desa menjadi calon sudah dilaksanakan, seluruh proses sudah berlangsung sebagaimana diatur dalam peraturan undang-undang.

“Sebagaimana saya sampaikan tadi, bahwa setiap apapun di dalam suatu persaingan dan kompetisi, itu pasti ada yang menang ada yang kalah,” kata HNU kepada Enimtv.com seusai kegiatan.

Baca juga:  HUT ke-46 PRSSNI, Industri Radio Masih Dipercaya di Masa Pandemi Covid-19

HNU berharap ketika deklarasi ini disampaikan oleh para calon Kepala Desa, mereka harus mengilhami ini sebagai suatu kesatuan sikap dan tekad.

“Ketika dinyatakan menang, itu menang dengan bermartabat. Dan ketika dinyatakan kalah, ini juga harus menerimanya sebagai suatu kondisi di mana memang sudah menjadi ketentuan dari Allah SWT,” ujarnya.

Menurut HNU, kekalahan itu adalah suatu kemenangan yang tertunda. Maka bagi mereka yang kalah masih bisa mencoba dan mempersiapkan untuk pelaksanaan Pilkades berikutnya.

Baca juga:  Deklarasi Damai Pemilihan Kades Serentak Kab. Muara Enim Tahun 2019

“Maka saya katakan, ketika kalah kalau masih berkeinginan, mempersiapkan diri untuk pelaksanaan Pilkades berikutnya,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Muara Enim, Dandim 0404 Muara Enim, Ketua PN Muara Enim, perwakilan Kajari Muara Enim, Pj Sekda Muara Enim, Kepala Dinas PMD Muara Enim, dan tamu undangan lainnya. (Aal)

Selengkapnya ———- Simak video

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *