oleh

Peringatan Hari Pramuka Ke-60, Desa Proklim Binaan CSR PTBA Dikunjungi Saka Kalpataru Sumsel

MUARA ENIM, ENIMTV – Dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun 2021, Saka Kalpataru Sumatera Selatan (Sumsel) mengunjungi Desa Program Kampung Iklim (Proklim) di Desa Tanjung Karangan, Kecamatan Tanjung Agung, Minggu (22/8/2021). Desa Proklim tersebut merupakan desa yang menjadi Binaan PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Dalam lawatannya ini, Saka Kalpataru Sumsel yang bersinergi bersama PTBA mengadakan kegiatan bakti sosial. Perusahaan pelat merah itu diketahui merupakan salah satu dewan pembina dari Saka Kalpataru Sumsel.

Sekretaris Saka Kalpataru Provinsi Sumsel, Dela Agusnaini yang memimpin rombongan, menerangkan bahwa Saka Kalpataru merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka di Gerakan Pramuka yang khusus bergerak dalam bidang cinta lingkungan hidup.

Baca juga:  Plt. Bupati Muara Enim Serahkan BLT DD Kepada Warga Desa Karang Raja

“Kegiatan Saka Kalpataru lebih menekankan pada isu lingkungan secara umum dengan tujuan akhirnya adalah membentuk generasi muda yang ramah lingkungan hidup,” terangnya.

Anggota Saka Kalpataru sendiri merupakan pramuka golongan Penegak dan Pandega (usia 16-25 tahun) yang diberikan bekal pengetahuan dan keterampilan khusus terkait isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati, disamping keterampilan dan pengetahuan tentang kepramukaan pada umumnya.

Lebih lanjut, Dela menjelaskan, Desa Tanjung Karangan menjadi tempat tujuan kegiatan karena desa ini adalah desa proklim, yang sebagaimana diketahui adalah desa binaan dari CSR PTBA.

“Di Desa Proklim ini, berbagai kegiatan dilakukan meliputi pemberian materi upaya mitigasi, penjelasan tentang desa proklim, penanaman pohon di daerah aliran sungai, serta pembagian masker dan hand sanitizer untuk warga sekitar,” jelasnya.

Baca juga:  Manager Humas, Komunikasi & Adm Korporat PTBA Silaturahmi dengan Pengurus SMSI Sumsel

“PTBA sebagai dewan pembina sangat responsif terhadap setiap kegiatan yang dilaksanakan Saka Kalpataru. Kedepannya kami berharap, tidak hanya PTBA tetapi untuk seluruh dewan pembina lainnya agar tetap memberikan dukungan kepada Saka Kalpataru,” pungkas Dela.

Dalam kesempatan yang sama, Asmen Bina Lingkungan CSR PTBA, Listati mengapresiasi rombongan Saka Kalpataru atas kunjungannya ke desa proklim binaan CSR PTBA.

“Kami berharap kunjungan ini dapat memberi manfaat pembelajaran agar generasi muda lebih peka dan peduli terhadap lingkungan,” harap Listati.

Sementara itu, Kepala Dusun Tiga Desa Tanjung Karangan, yang juga Ketua Desa Proklim, Muhamad Jailani menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan ini.

Baca juga:  Resmikan PLTS Irigasi di Desa Tanjung Raja, Gubernur Sumsel: Mudah-Mudahan Produksi Pangan Kita Terus Meningkat

“Alhamdulillah kami bisa berbagi ilmu kepada Dewan Saka Kalpataru. Kami juga senang melihat antusias mereka mengikuti seluruh kegiatan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PTBA atas bimbingannya sehingga membuat desa kami menjadi desa proklim dan mendapat berbagai penghargaan,” ucap Jailani.

Jailani berharap kunjungan ini dapat menambah semangat untuk berbuat yang terbaik bagi lingkungan dan masyarakat di dalamnya.

“Semoga desa kami ke depannya tidak hanya di bidang proklim, mungkin di bidang sosial atau bidang lainnya yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tanjung Karangan,” harapnya. (Aal/Humas PTBA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *