oleh

Pembangunan Plaza Saringan Dimulai, Ditargetkan Rampung 6 Bulan Mendatang

TANJUNG ENIM, ENIMTV – Dimulainya pembangunan Plaza Saringan ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Direktur Utama (Dirut) PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Suryo Eko Hadianto bersama Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar, di Kawasan Eks Pasar Buah Bantingan Tanjung Enim, Kamis sore (20/5/2021).

Sebelum menuju pelaksanaan peletakan batu pertama Plaza Saringan, Dirut PTBA dan Pj Bupati Muara Enim, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Muara Enim, Jajaran Direksi PTBA, Tripika Kecamatan Lawang Kidul, Manajemen PTBA, dan Pimpinan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Muara Enim menyaksikan penayangan video Tanjung Enim Kota Wisata di Gedung Rechall Tanah Putih PTBA Tanjung Enim.

Mengawali sambutannya, Dirut PTBA mengatakan bahwa Plaza yang dibangun di lokasi Eks Pasar Buah Bantingan Kecamatan Lawang Kidul ini adalah satu di antara berbagai infrastruktur yang dibangun untuk mewujudkan Tanjung Enim menjadi Kota Tujuan Wisata.

“Gagasan menjadikan Tanjung Enim Kota Tujuan Wisata sudah ada sejak 4 tahun yang lalu. Kemudian dibentuklah kesepakatan antara Bukit Asam dengan Pemerintah Daerah, Kelompok Masyarakat dan Stakeholder lainnya untuk mewujudkan gagasan tersebut,” jelas Suryo Eko.

Baca juga:  Diduga Korupsi Dana Covid-19, Dua Tenaga Ahli di OKU Selatan Ditetapkan Tersangka

Suryo Eko menyampaikan bahwa berbagai fasilitas sudah dibangun, mulai dari Waterpark, Museum Batu Bara, Gedung Kesenian, Gedung Pertemuan, Gedung Kuliner, Kolam Wisata, dan beberapa lainnya.

“Progres ini membuktikan keseriusan Bukit Asam untuk berperan dalam mewujudkan Tanjung Enim sebagai Kota Tujuan Wisata,” ujarnya.

“Meskipun pembangunan sempat terkendala karena pandemi Covid-19 yang jelas di luar kendali, tapi patut disyukuri perlahan tapi pasti kembali bangkit untuk melanjutkan mimpi kita semua, menjadikan kota kita tercinta ini menjadi kota tujuan wisata,” imbuhnya.

Di tempat seluas 4.371 meter persegi ini nantinya akan diletakkan batu pertama, sebagai langkah awal dibangunnya Plaza Saringan. Tanjung Enim akan bersolek. Ruang terbuka, taman, pedestrian, dan fasilitas lainnya akan dibangun di tempat ini. Proyek dengan total nilai Rp3,1 miliar ini ditargetkan rampung 6 bulan mendatang.

PTBA, kata Suryo Eko, yang telah menetapkan tujuan mulianya melalui Noble Purpose: We Explore Natural Resources for Civilization, Prosperity and a Brighter Future berkomitmen untuk mengambil peran optimal dalam mewujudkan Tanjung Enim menjadi Kota Tujuan Wisata yang tentunya didukung oleh perusahaan-perusahaan dan stakeholder lainnya.

Baca juga:  Sempat Buron, Tim Tarantula Polsek Rambang Dangku Ringkus 3 Pelaku Pengeroyokan

“Tanjung Enim menjadi Kota Tujuan Wisata hanya akan dapat terwujud apabila semua elemen baik Pemerintahan, Masyarakat, Kelompok Masyarakat dan Perusahaan-perusahaan yang ada di Tanjung Enim ini kompak, saling mendukung, berkontribusi optimal untuk mengambil perannya masing-masing,” tukasnya.

Menurut Bos PTBA itu, tugas terpenting bukan hanya sekadar membangun, tapi yang lebih penting harus merawat dan menjaga semua yang sudah ada, serta membangun mental dan budaya yang mendukung terwujudnya Tanjung Enim Kota Tujuan Wisata.

“Harapan kami, dengan adanya fasilitas yang menunjang Tanjung Enim menjadi Kota Wisata, kemandirian perekonomian masyarakat juga akan lebih meningkat,” harapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim merasa bersyukur dan berbangga bahwa Kabupaten Muara Enim, khususnya kawasan Saringan Pasar Tanjung Enim ini akan memiliki satu pelataran atau plaza yang merupakan ruang terbuka publik bagi masyarakat, dan nantinya akan menambah keindahan tata kota Tanjung Enim yang telah dicanangkan sebagai kota wisata tambang di Provinsi Sumatera Selatan.

Baca juga:  Polres Muara Enim Salurkan Bantuan Tunai kepada 6000 PKL dan Warung

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sumbangsih maupun kepedulian PTBA terhadap berbagai pembangunan di Kabupaten Muara Enim,” ucapnya.

Kemudian, HNU, sapaan akrabnya, mengatakan seraya berpesan kepada semuanya agar nantinya dapat menjaga dan menggunakan sebaik-baiknya fasilitas Plaza Saringan ini.

“Ibarat peribahasa Muara Enim “dak pacak ngiloki njage jadilah”, maka mari kita jaga dan rawat fasilitas ini agar dapat bermanfaat demi keindahan kota maupun kenyamanan warga. Masyarakat dapat tertib memanfaatkannya, termasuk para pedagang nantinya semua harus rapi dan tertata,” ajaknya,

“Semoga Kota Tanjung Enim ini sebagai destinasi kota wisata tidak kalah dari Sawah Lunto dan semoga PTBA semakin sukses dan berjaya menjadi BUMN terdepan di Indonesia serta menjadi kebanggaan Kabupaten Muara Enim,” pungkasnya. (Aal)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *