Kunjungi Korban Kebakaran Pasar Bawah, Herman Deru Instruksikan Pemkab Lahat Tata Ulang Lingkungan

Berita, Sumsel417 views

LAHAT, ENIMTV – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru (HD) menginstruksikan agar Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan. dan Kawasan Permukiman (PU Perkim) Pemkab Lahat dapat menata kembali lingkungan dengan baik, pada saat membangun kembali rumah penduduk di Kelurahan Pasar Bawah yang terkena musibah kebakaran Minggu lalu.

Hal tersebut ia tegaskan saat berkunjung meninjau lokasi kebakaran dan memberikan motivasi serta mendistribusikan sejumlah bantuan kepada seluruh korban kebakaran. Jumat (9/10/2020).

Diketahui, dari laporan yang dijelaskan oleh Bupati Lahat Cik Ujang, S.H. dihadapan Gubernur Sumsel beserta para korban kebakaran, bahwa Pemkab Lahat akan menata dan membangun kembali rumah warga dengan bangunan tipe 36/34 seragam.

Baca juga:  Pemerintah Berhasil Evakuasi 26 WNI dari Afghanistan

Oleh karenanya, Bupati berharap agar masyarakat setempat jangan sampai mempermasalahkan tanahnya walau sejengkal apabila terpakai untuk pembangunan nanti.

“Bangunannya akan kita buat seragam dan langsung bersertifikat, bahkan kita buatkan lapangan olahraga di tengah-tengahnya nanti,” ujar Cik Ujang.

Dalam kesempatan ini juga, Bupati Lahat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumsel yang telah banyak membantu Pemkab Lahat dalam melanjutkan pembangunan infrastruktur di Kab. Lahat.

Di antaranya pembangunan jembatan Lematang II, dan baru-baru ini telah menggelontorkan kembali Rp38 miliar untuk rehab jalan lingkar luar dari Desa Manggul ke Batay, serta rehab jalan di Desa Gedung Agung hingga Tanjung Lontar, Kec. Merapi Timur yang kondisinya rusak, sehingga perlu dilakukan perbaikan.

Baca juga:  30 Unit Rumah Korban Bencana di Desa Gunung Kembang Siap Dibangun

Cik Ujang juga meminta agar Pemprov Sumsel bisa berpartisipasi membantu pembangunan kembali rumah warga di Kel. Pasar bawah ini.

“Kami ucapkan banyak terima kasih atas perhatian Gubernur HD terhadap pembangunan infrastruktur di Kab. Lahat, dan kami juga mohon bantu untuk pembangunan kembali rumah warga yang terbakar di Kel. Pasar Bawah ini,” ucapnya.

Selain itu, menyikapi sejumlah surat berharga dan identitas milik warga yang hangus terbakar akibat insiden kebakaran tersebut, Gubernur HD juga menginstruksikan kepada seluruh instansi terkait, untuk mempercepat proses pelayanan dan penerbitan kembali surat berharga meliputi Sertifikat, Ijazah, SIM, KTP, Buku Nikah dan lain lain.

Baca juga:  Bantu Korban Kebakaran Pasar Bawah Lahat, PTBA Gelontorkan Sembako Senilai Rp 50 Juta

“Saya instruksikan kepada seluruh jajaran yang berkenaan dengan urusan yang saya sebut tadi, untuk mempercepat pelayanan dan tanpa memungut biaya (Gratis),” tegasnya.

Masing-masing korban kebakaran juga mendapatkan kartu JKN KIS, dan berbagai macam bantuan langsung lainnya dari Gubernur HD beserta Bank Sumsel Babel (BSB) Peduli Bencana tahap II.

Menurut HD, seluruh bantuan yang ia gelontorkan masih belum sebanding dengan penderitaan yang dialami oleh para korban.

“Paling tidak kami bersama Bupati menunjukkan bahwa kami hadir di tengah warga. Tidak hanya di saat warga sedang senang, bahkan di saat warga sedang susah pun kami selalu hadir,” tutupnya. (Endi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *