Dorong Pertanian Ramah Lingkungan, PTBA Resmikan PLTS Irigasi di Desa Karang Raja

Berita, Daerah76 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Sebagai upaya untuk mendorong pertanian ramah lingkungan, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Irigasi, di Desa Karang Raja, Kec. Muara Enim, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

Pembangunan PLTS Irigasi Karang Raja adalah Program Pengembangan Masyarakat Berkelanjutan PTBA, salah satu bentuk kontribusi nyata Bukit Asam dalam mendorong dan memperkenalkan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) kepada masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Peresmian PLTS tersebut dilakukan oleh Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah dan Direktur SDM PTBA Suherman, di Dusun V Desa Karang Raja, Kamis (17/8/2023).

Direktur SDM PTBA Suherman mengatakan, PLTS Irigasi Karang Raja ini merupakan pembangkit keenam yang sudah dibangun Bukit Asam hingga saat ini.

“Dua tahun lalu di Desa Tanjung Raja, Muara Enim. Ada dua di Lampung, satu di Sumatera Barat dan satu di Lahat. Kemudian yang sedang berproses di Desa Muara Lawai, Muara Enim,” katanya.

Baca juga:  Peringati HUT ke-41, PTBA Bedah 25 Rumah Warga

Lebih lanjut, Suherman menjelaskan PLTS Irigasi karang Raja ini mulai dibangun pada September 2022 dan selesai Februari 2023 lalu.

Selama masa pembangunannya melibatkan petani dan warga desa untuk menumbuhkan semangat gotong royong dan memperluas dampak pemberdayaan masyarakat.

“PLTS ini memiliki kapasitas terpasang sekitar 38 Kilowatt Peak (kWp), dengan luas lahan panel sekitar 132 m² yang akan mampu mengairi lahan sekitar kurang lebih 35 hektare,” jelasnya.

Pembangunan PLTS ini, lanjut Suherman, sebagai bentuk komitmen PTBA yang berada di ring 1 Desa Karang Raja untuk memberikan manfaat dalam membantu menyejahterakan masyarakat yang ada di wilayah operasi perusahaan.

“Hal ini tentunya selaras dengan tujuan mulia yang ada di PTBA, yaitu membangun peradaban, meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan kehidupan yang lebih baik,” sambungnya.

Suherman berharap dengan adanya PLTS Irigasi ini, petani di Desa Karang Raja akan dapat menikmati masa panen yang selama ini hanya 1-2 kali, ke depan sudah ada jaminan paling tidak 2-3 kali dalam setahun.

Baca juga:  Hingga Maret 2021, PTBA Pastikan Tidak Ada Aktivitas Eksplorasi

“Kami ingin menitipkan pesan kepada masyarakat Desa Karang Raja untuk dapat menjaga dan merawat PLTS ini bersama-sama sehingga manfaat yang diharapkan dapat optimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah mengapresiasi penuh kepada PTBA yang telah membangun PLTS Irigasi Karang Raja ini.

Menurutnya, hal ini salah satu kontribusi positif dari PTBA yang tidak main-main karena bersifat sustainable (berkelanjutan).

“Ada poin renewable energy di sini, energi terbarukan, yaitu solar panel,” katanya.

Orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang itu berharap renewable energy ini akan menjamur dan menjadi lebih banyak lagi, PTBA terus melanjutkan pembangunan PLTS ini di daerah lain.

“Oleh karenanya, kita berharap PTBA tidak hanya membangun di Karang Raja ini saja, tapi di tempat lain juga. Guna mensupport climate action change, aksi untuk melawan perubahan cuaca,” harapnya.

Baca juga:  Buntut Tercemarnya Sungai Kungkilan, DLH Lahat Berikan Sanksi kepada 4 Perusahaan Tambang

Plt Bupati berpesan agar kades beserta perangkatnya dan masyarakat dapat betul-betul menjaga PLTS ini.

“Kita sudah diberikan, maka kita harus merawatnya. Rawat, syukuri dan dipelajari sehingga betul-betul sustainable,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Karang Raja Okta Vianty mengucapkan terima kasih kepada PTBA yang telah memberikan PLTS untuk Desa Karang Raja.

“PLTS ini sudah dari beberapa bulan lalu kami terima dan mudah-mudahan ini akan bermanfaat, khususnya untuk para petani Desa Karang Raja,” ucap Okta.

Okta mengungkapkan, PLTS ini bukan hanya berguna untuk mengairi sawah yang ada di Desa Karang Raja, tetapi juga sudah ada digunakan pemanfaatan untuk kolam ikan.

Turut hadir dalam peresmian PLTS Irigasi Karang Raja tersebut, di antaranya Plt Ketua TP PKK Nurul Vita Utama, GM UPTE PTBA Venpri Sagara, VP Sustainaibility PTBA Hartono, Forkopimda Muara Enim dan tamu undangan lainnya. (Gusti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *