oleh

Jamin Mutu Kesegaran Pangan, Dinas Ketapang Muara Enim Gelar Sosialisasi Keamanan PSAT 2023

MUARA ENIM, ENIMTV – Dalam upaya penguatan kelembagaan sekaligus mutu keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT), Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) menggelar Sosialisasi Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) Tahun Anggaran 2023, di Ballroom Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Selasa (08/08/2023).

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Perekobang) Setda Kabupaten Muara Enim H. Riswandar, dengan diikuti sebanyak 50 peserta yang merupakan para penyuluh pertanian dan pelaku usaha di desa dan kecamatan lingkup Bumi Serasan Sekundang.

Baca juga:  Pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian 2021, Presiden Jokowi Tekankan Peningkatan Skala Ekonomi & Penerapan Teknologi

Adapun tujuan sosialisasi ini utamanya adalah meningkatkan wawasan pelaku usaha dan kelompok tani tentang pangan yang aman serta langkah-langkah yang perlu diambil dalam mewujudkan pangan yang segar, serta pengusulan Registrasi PSAT yang tentunya dapat meningkatkan harga jual dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan para petani.

Dalam sambutanya, Asisten II memberikan apresiasi kepada jajaran Dinas Ketahanan Pangan Muara Enim yang telah menginisiasi kegiatan sosialisasi PSAT ini.

“Tentunya berkaitan erat dengan langkah Pemerintah dalam mengurangi dampak dari wabah El Nino yang diprediksi akan melanda pada bulan Agustus s.d September mendatang,” ujar Riswandar.

Baca juga:  Wali Kota Prabumulih Imbau Kendaraan Berat Tak Lewati Jalan Kota

Untuk itu, Riswandar mengimbau kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan momen ini dengan baik guna menimba ilmu-ilmu yang nantinya dapat diimplementasikan dalam proses produksi hingga pemasaran hasil tani di masing-masing kelompok tani.

“Lakukan segala sesuatu dengan ikhlas, sekecil apapun ilmu yang kita dapat pasti akan bermanfaat minimal bagi diri kita sendiri,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan Sertifikat Prima Tiga (P-3) kepada 3 Kelompok Tani di Semende Darat Ulu (SDU) yakni Sukatani, Tani Maju dan Sepakat Tani.

Baca juga:  Polri Beri Bantuan 2.000 Paket Sembako Untuk Petani di Pandeglang

Adapun sertifikat P-3 ini adalah peringkat penilaian yang diberikan terhadap pelakasanaan usaha tani, di mana produk yang dihasilkan aman dikonsumsi. Sertifikat Prima merupakan sertifikat jaminan keamanan pangan untuk pangan segar asal tumbuhan yang dilakukan oleh Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, di antaranya Kepala Balitbangda, Kadinkop UKM, Kadin Perikanan, Sekdis Kominfo serta dinas terkait lainnya. (Aal/Diskominfo-ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *