Operasi Bina Karuna 2023, Polres Muara Enim Antisipasi Karhutla Lewat Imbauan kepada Warga

Berita, Daerah53 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Polres Muara Enim dan Polsek jajaran melaksanakan imbauan guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan cara melakukan Operasi Bina Karuna Musi 2023.

Tujuan dari operasi ini adalah untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya karhutla serta mendorong partisipasi aktif dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, Senin (24/07/2023).

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kasat Binmas AKP Fery Firdayanto, S.E. menerangkan bahwa, dalam rangka Operasi Bina Karuna Musi 2023, Polres Muara Enim dan Polsek Jajaran menggunakan beberapa strategi.

Baca juga:  Kapolres Lahat Kembali Berikan Reward Kepada 24 Personel Berprestasi

“Kita membagikan brosur kepada masyarakat secara luas. Brosur ini berisi informasi tentang bahaya karhutla, cara pencegahan, tindakan saat terjadi kebakaran, dan pentingnya peran semua pihak dalam melawan karhutla. Dengan cara ini, diharapkan pesan yang disampaikan dapat tersebar lebih cepat dan efektif,” terang Fery.

Selain itu, Polres Muara Enim juga melakukan pemasangan spanduk yang berisi pesan-pesan tentang pencegahan karhutla di lokasi strategis, seperti di pinggir jalan, kawasan hutan, pemukiman, atau tempat umum lainnya.

Baca juga:  Terkait Penundaan Piala Dunia U-20 Tahun 2021, Menpora: Pemerintah Hormati Keputusan FIFA

“Spanduk ini berfungsi untuk memberikan pengingat kepada masyarakat tentang bahaya karhutla secara konstan dan berkesinambungan,” sambung Fery.

Fery mengatakan, selain strategi offline, Polres Muara Enim dan Polsek jajaran juga memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan informasi tentang Operasi Bina Karuna Musi 2023.

“Dengan menggunakan platform media sosial, pesan-pesan tersebut dapat mencapai lebih banyak orang, terutama generasi muda yang aktif di platform tersebut,” katanya.

Kemudian, ada juga sosialisasi dan pertemuan masyarakat untuk secara langsung berbicara tentang pentingnya pencegahan karhutla. Dalam pertemuan ini, masyarakat dapat berdiskusi, bertanya, dan berbagi pengalaman terkait upaya pencegahan karhutla di wilayah mereka.

Baca juga:  Jumat Curhat di Desa Muara Lawai, Kapolres Muara Enim Dengarkan Keluhan Masyarakat

“Dengan menggabungkan berbagai strategi tersebut, diharapkan Operasi Bina Karuna Musi 2023 dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan, mencegah kebakaran hutan dan lahan, serta melindungi keanekaragaman hayati dan sumber daya alam di wilayah Muara Enim dan sekitarnya,” pungkas Fery. (Aal/Humas Polres ME)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *