oleh

Sekda Muara Enim Hadiri Pembukaan UMKM Expo 2023

PALEMBANG, ENIMTV – Sekretaris Daerah (Sekda) Muara Enim Yulius menghadiri acara Pembukaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Expo 2023 di Halaman DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (13/05/2023).

UMKM Expo 2023 ini diikuti kabupaten/kota dan seluruh pelaku UMKM ICSB dan pasar tani oleh Dinas Pertanian.

Sekda Provinsi Sumatera Selatan Supriono menyampaikan, setiap tanggal 15 Mei merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023.

Baca juga:  Longsor Kembali Terjadi, Sebanyak 11 Warga Sumedang Meninggal Dunia

Kegiatan ini, ungkapnya, ialah untuk mengingatkan masyarakat luas akan suatu perjalanan penjang hingga terbentuknya Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 15 Mei 1946.

“Kegiatan ini untuk memberikan kesadaran kepada generasi muda, penerus bangsa untuk menghargai perjuangan pengorbanan para pahlawan untuk Provinsi Sumatera Selatan yang kita cintai dan kita banggakan,” ungkapnya.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyampaikan untuk kesekian kalinya mengadakan UMKM Expo dari titik ke titik lainnya.

Namun kata Gubernur, peringatan tahun ini sangat istimewa, karena dari tahun ke tahun ada peningkatan signifikan baik dalam kuantitas, kualitas dan strategi marketing untuk dapat UMKM naik kelas tidak hanya di pasaran lokal atau Nasional, bahkan diharapkan dapat mendunia.

Baca juga:  Wujudkan Kemandirian Pakan Ikan Nasional, KKP Siapkan Sertifikasi Tepung Ikan Lokal

“Maka untuk itu, kami mengajak semua elemen, institusi pemerintahan swasta, juga perseorangan yang berkemampuan, mari kita menjadi pahlawan UMKM untuk berkembang dengan pesat,” ungkapnya.

Herman Deru juga mengatakan bahwa UMKM menjadi sosok guru bagi pertumbuhan ekonomi, dan penunjang besar di dalam penurunan angka kemiskinan.

“Perubahan mainset sedikit demi sedikit sudah kita mulai rasakan dari awal ketergantungan konsumen konsumtif menjadi masyarakat yang produktif menghasilkan prodak-prodak tertentu, ini harus menjadi teladan bagi masyarakat disekitar,” imbuhnya.

Baca juga:  Panglima TNI Pimpin Serbuan Vaksin Bagi 1.323 Prajurit TNI di Malang Raya

Dijelaskannya, UMKM yang berasal dari daerah ini merupakan wahana display bagi seluruh pelaku UMKM untuk menunjukkan kemampuan di dalam memproduksi barang tertentu baik pembinaan oleh Dinas Dinas Institusi tertentu tapi juga yang bermitra dengan perusahaan BUMN besar dan milik swasta lainnya. (Aal/Diskominfo-ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *