Pertama di Muara Enim, Kelurahan Tanjung Enim Selatan Gelar Tarhib Ramadhan 1444 H

Berita, Daerah176 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Pemerintah Kelurahan Tanjung Enim Selatan berkolaborasi dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LMPK), Tim Penggerak PKK, dan Karang Taruna Tanjung Enim Selatan, menggelar Tarhib Ramadhan 1444 H di Lapangan Karang Asem, Sabtu (18/3/2023).

Kegiatan Tarhib Ramadhan ini digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah yang akan tiba dalam hitungan hari.

Acara diawali dengan pengumuman pemenang Lomba Kebersihan dan Keindahan yang diikuti oleh seluruh RW se-Kelurahan Tanjung Enim Selatan, dilanjutkan dengan tausiah, zikir, dan doa bersama.

Kemudian, acara dimeriahkan dengan pawai kafilah yang diikuti peserta dari 13 RW, 1 TK IT, dan 2 TPA di Kelurahan Tanjung Enim Selatan.

Baca juga:  SMSI Berikan Penghargaan Sahabat Pers kepada Bupati OKU Timur

Tarhib Ramadhan tersebut ditutup dengan pengumuman juara Pawai Kafilah, acara Bekelah Besamo (makan bersama-sama) dan bersalam-salaman.

Dalam sambutannya, Lurah Tanjung Enim Selatan H. Edi Sutisna mengatakan, Tarhib Ramadhan ini artinya menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah dengan hati yang tulus, bahagia dan ceria.

“Di hari ini mungkin hanya segelintir yang datang, tapi kelihatannya sudah ramai. Apalagi warga Kelurahan Tanjung Enim Selatan itu 8.025 jiwa. Jadi kalau datang semua mungkin penuh lapangan Karang Asem ini,” kata Edi.

Lebih lanjut, Edi menjelaskan, baru Kelurahan Tanjung Enim Selatan yang mengadakan Tarhib Ramadhan di Kabupaten Muara Enim.

“Insya Allah dengan semangat dukungan kita masyarakat Kelurahan Tanjung Enim Selatan, didukung dengan perusahaan-perusahaan yang ada di lingkungan kita. Tarhib Ramadhan ini menjadi event tahunan Kelurahan Tanjung Enim Selatan untuk menunjang Tanjung Enim menjadi tujuan Kota Wisata,” jelasnya seraya membuka secara resmi Pawai Kafilah Tarhib Ramadhan Kelurahan Tanjung Enim Selatan.

Baca juga:  Sinergi Kemlu dan Undana dalam Sosialisasi Diplomasi Ekonomi Indonesia di Kawasan Aspasaf

Sementara itu, Ketua Panitia Tarhib Ramadhan Kelurahan Tanjung Enim Selatan H. Firdaus mengatakan, rangkaian acara Tarhib Ramadhan ini di antaranya berzikir, bertasbih, bersalawat, tausiah ceramah agama, berdoa serta diakhiri dengan bersalam-salaman.

“Karena di dalam Islam menyambut bulan Ramadhan ini apabila kita bersalam-salaman, bermaaf-maafan kepada tetangga, keluarga, orang tua, Insya Allah puasa kita akan diijabah oleh Allah SWT,” kata Firdaus.

Baca juga:  Tanah Longsor Akibatkan Dua Rumah Warga Kabupaten Bogor Rusak Berat

FIrdaus menerangkan, peserta Tarhib Ramadhan ini terdiri dari seluruh RW se-Kelurahan Tanjung Enim Selatan. Kelurahan Tanjung Enim Selatan terdiri dari 3 wilayah, yaitu Karang Asem, Buluran Indah dan BTN Air Paku.

“Panitianya terdiri dari RW, RT, FKPPI, LPMK, Karang Taruna, dan TP PKK Kelurahan Tanjung Enim Selatan,” terangnya.

“Harapan kita dengan melakukan Tarhib Ramadhan ini, keimanan dan ketakwaan kita untuk masuk di bulan Ramadhan dapat lebih konsentrasi dan fokus dalam menjalankan ibadah puasa dan sunah-sunah Rasullah,” pungkas Firdaus.

Tarhib Ramadhan yang dilaksanakan oleh warga Kelurahan Tanjung Enim Selatan ini juga mendapat apresiasi dari Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul. (Aal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *