oleh

Penilaian Sekolah Adiwiyata, Tim Penilai: SMPN 1 Ujanmas Layak Jadi Pemenang

MUARA ENIM, ENIMTV – Tim penilai Sekolah Adiwiyata atau sekolah berwawasan lingkungan mendatangi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Ujanmas, Kamis (15/9/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

Tim penilai tersebut dipimpin langsung oleh Kadin Lingkungan Hidup yang diwakili oleh Kabid PP Kapasitas Lingkungan Hidup M. Iskandar Z bersama Kabid SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Subdin, Korwas Kecamatan Ujanmas dan Benakat Lin Anwar beserta rombongan.

Dalam kesempatan itu, M. Iskandar Z selaku Ketua Tim Penilai menjelaskan bahwa, kedatangan mereka ke SMPN 1 Ujanmas guna melakukan penilaian sekaligus pembinaan terhadap sekolah yang menjadi sasaran dijadikan Sekolah Adiwiyata.

“Kita hadir hari ini terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim, guna menilai dan membina sekolah ini untuk menjadi Sekolah Adiwiyata atau berwawasan lingkungan,” jelas Iskandar kepada awak media.

Baca juga:  Presiden Ingin Pelabuhan Patimban Jadi Hub Besar untuk Ekspor Otomotif

Selain itu, Iskandar juga menerangkan bahwa, Sekolah Adiwiyata ini nantinya akan disiapkan untuk mengikuti jenjang yang lebih tinggi lagi jikalau dinyatakan sebagai pemenang tingkat kabupaten.

“Kalau menang di tingkat Kabupaten, maka lanjut ke Provinsi, bahkan Nasional nantinya. Maka, diperlukan pembinaan yang kita berikan dalam bentuk koreksi. Di mana tadi telah kita sampaikan ke panitia sekolah ini,” terangnya.

Ketika ditanya awak media terkait kelayakan SMPN 1 Ujanmas sebagai pemenang, Iskandar menjawab sudah layak. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi, guna mempersiapkan diri ke tingkat lebih lanjut jikalau nanti menjadi pemenang di tingkat kabupaten Muara Enim.

Baca juga:  Dukung Kawasan Wisata Danau Toba, Kemenhub Benahi Bandara Sibisa

“Kalau bicara layak atau tidak, menurut kami sudah layak. Apalagi hari ini kami lihat kerja sama antar warga sekolah sangatlah terlihat, mulai dari dewan guru, siswa, komite, paguyubannya, hingga kerja sama antara wali siswa dengan sekolah sangat terlihat. Hal ini dibuktikan dengan adanya Bazar Kuliner dan Kerajinan yang dibuat guru, siswa, dan wali murid. Tapi, ada beberapa poin yang telah kami catat untuk ditingkatkan lagi dan akan menjadi bahan ketika kita melakukan pembinaan,” bebernya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Ujanmas Suwarno menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas dukungan dari semua pihak, atas terlaksananya kegiatan penilaian Sekolah Adiwiyata ini. Dia berharap keharmonisan yang telah terjalin ini akan terus tumbuh antara satu sama lainnya.

Baca juga:  Dalam Hitungan Jam, Polsek Rambang Lubai Tangkap Pelaku Pencurian

“Apresiasi saya selaku kepala sekolah kepada dewan guru, tenaga administrasi sekolah, para pembina ekskul, dan khususnya komite serta wali murid yang telah bahu membahu menyukseskan penilaian ini. Apalagi dengan adanya kegiatan ini terjalinnya silaturahim serta harmonisasi satu sama lainnya,” ujarnya.

Terakhir, Suwarno berharap apa yang telah baik dalam kegiatan ini untuk dapat dipertahankan, dan yang masih kurang agar dapat ditingkatkan.

“Semoga yang sudah baik dapat kita jaga dan tingkatkan bersama-sama. Sementara yang kurang untuk dapat kita tingkatkan lagi menjadi baik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, selain melakukan penilaian terhadap SMPN 1 Ujanmas, Tim Penilai Sekolah Adiwiyata ini juga menilai SDN 2 dan 3 Ujanmas, serta SDN 3 dan 4 Benakat. (Endang)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *