oleh

Ironis, Kelurahan Cereme Taba Termiskin se-Indonesia

LUBUKLINGGAU, ENIMTV – Sungguh ironis Kelurahan Cereme Taba, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Kota Lubuklinggau termiskin se Indonesia.

Hal ini terungkap dalam Reses I Anggota DPRD Kota Lubuklinggau Tahun 2022, Daerah Pemilihan (Dapil) IV Kecamatan Lubuklinggau Timur I dan Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Sutrisno Amin, berlangsung sukses.

Reses I tersebut Bertempat di kediaman rumah Sutrisno Amin, Kamis (31/3/2022), Kelurahan Cereme Taba, Kecamatan Lubuklinggau Timur II.

Turut hadir Anggota DPRD Kota Lubuklinggau Sutrisno Amin, Lurah Cereme Taba Rio Juniansyah, seluruh RT se-Kelurahan Cereme Taba, Kelurahan Taba Koji, Taba Jemekeh.

Lurah Cereme Taba Rio Juniansyah mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih pada Sutrisno Amin yang mau menerima keluhan atau aspirasi masyarakat. Untuk itu, warga mengeluarkan unek-uneknya untuk pembangunan.

“Kelurahan kami, Cereme Taba termiskin se Indonesia,” ucap Lurah.

Baca juga:  DPR Dukung Langkah Jenderal Dudung Perkuat Satuan Siber TNI AD

Masalah infrastruktur, kata Lurah Rio, Kelurahan Cereme Taba kalau musim hujan sering terjadi banjir dan jalan banyak yang rusak.

“Mungkin banyak aspirasi untuk diusulkan pada anggota DPRD Sutrisno Amin,” sarannya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Lubuklinggau Sutrisno Amin, pihaknya selaku wakil rakyat mempunyai kewajiban turun ke lapangan untuk menyerap aspirasi.

“Kali ini, saya mengawali dari Cereme Taba, Taba Koji dan Taba Jemekeh. Selanjutnya ke kelurahan lainnya,” jelasnya.

Dengan keterbatasan dana Kota Lubuklinggau, sambung dia, 2021 Pemkot masih memiliki hutang sehingga banyak kegiatan belum terlaksana. “Pemkot melakukan pemulihan dampak covid, meminjam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 125 milyar, itu dibayar 5 tahun. Maka setiap tahun bayar 25 milyar plus bunga. Bila Nansuko berakhir, meninggalkan hutangnya.

Baca juga:  Wali Kota Lubuklinggau Minta Semua Elemen Dukung Ganjil Genap: Demi Keselamatan Bersama

“Kita berharap Nan Suko melakukan gebrakan untuk meningkatkan APBD. Salah satunya, Zona nilai tanah,” jelasnya.

Anggaran riil APBD Kota Lubuklinggau hampir Rp900 miliar, 46 persennya untuk tenaga kerja, sisa untuk kegiatan pendidikan, kesehatan, serta infrastruktur.

“Ke depan, saya optimis kedepannya APBD kita bisa mencapai 1 triliun, dengan regulasi regulasi yang dimiliki Pemkot,” terangnya.

Mendengar masalah kelurahan Cereme Taba termasuk Kelurahan termiskin Se-Indonesia hal itu membuat Anggota DPRD Kota Lubuklinggau Dapil IV Sutrisno Amin mengaku heran, Ini tugas berat Lurah Cereme Taba untuk mengatasinya.

“Kami dari Dewan akan melaporkan ke pimpinan untuk dibahas untuk mengentaskannya,” ujarnya.

Lanjut dia, dinyatakan termiskin tersebut, apakah salah data atau memang benar benar miskin atau pura pura miskin.

Baca juga:  Bupati Muara Enim Buka Pelatihan dan Pendidikan Keterampilan Bagi Calon Pencari Kerja

“Saya akan minta update data ke dinsos. Kalau memang benar benar miskin, kita akan melakukan upaya mengentaskannya kemiskinan tersebut,” ujarnya.

Sementara ituvditempat yang sama Ketua Rt 09 Kelurahan Cereme Taba Rif’at Ahmad saat di mintai komentarnya mengatakan, mengenai Kelurahan Cereme Taba termiskin Se-Indonesia, Seharusnya pihak Dinas Sosial menimalisir dan membentuk Tim terkait kemiskinan ini untuk turun kelapangan dan mengkroscek ke warga-warga apa benar kelurahan Cereme Taba ini termiskin Se-Indonesia.

“Dirinya meminta kepada Dinsos untuk membentuk Tim dan turun kelapangan melihat warga kelurahan cereme taba, apa benar kelurahan Cereme Taba ini termiskin Se-indonesia. Karna selama ini pihak dinas Sosial tidak pernah turun kelapangan,” ungkap Rif’at. (SMSI Silampari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *