oleh

Presiden Jokowi Hadiahi Firli Bahuri Bintang 4, MAKI: Layak Dapat Karena Prestasinya Jadi Ketua KPK

JAKARTA, ENIMTV – Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman ikut menanggapi terkait penghargaan bintang empat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diberikan kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Boyamin menilai, jabatan yang diemban Firli sebagai Ketua KPK sudah selayaknya mendapatkan bintang empat dari Kepolisian.

Menurut dia, Firli sudah selevel dengan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

“Dalam pangkat tertinggi Polri adalah empat bintang, jadi mestinya pak Firli layak dapat karena prestasinya jadi Ketua KPK,” ucap Boyamin, seperti dilansir dari Kompas.com, Senin (8/11/2021).

Baca juga:  Cegah Terjadinya Tindak Pidana Korupsi, Kejari Muara Enim Adakan Kegiatan Penerangan Hukum Pengelolaan Dana BOS

“Pak Firli selama ini masih tiga bintang (Komisaris Jenderal), Pak Budi Gunawan sewaktu jadi kepala BIN dapat empat bintang, semestinya pak Firli juga dapat,” tutur dia.

Untuk diketahui, Firli Bahuri lahir di Prabumulih, Sumatera Selatan pada 8 November 1963. Firli pernah menjadi Deputi Penindakan KPK, Kapolda Nusa Tenggara Barat, Wakapolda Jawa Tengah, dan Wakapolda Banten.

Baca juga:  Presiden Jokowi Tinjau Penyaluran Bantuan Tunai di Kota Bogor

Lulusan Akpol 1990 ini, tercatat sempat menjabat Kapolres Persiapan Lampung Timur pada 2001. Karir Firli terbilang moncer.

Pada 2005, Firli menduduki jabatan Kasat III Ditreskrimum di Polda Metro Jaya, sebelum menjabat Kapolres Kebumen dan Kapolres Brebes pada 2006 dan 2007.

Dua tahun kemudian, Firli kembali ke Polda Metro Jaya sebagai Wakapolres Metro Jakarta Pusat. Lalu, pada 2010, Firli masuk Istana dengan menjabat sebagai asisten sespri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Setelah bertugas sebagai Direktur Kriminal Khusus Polda Jateng, pada 2012 Firli dipercaya sebagai ajudan wakil presiden yang saat itu dijabat Boediono.

Baca juga:  Bhakti SMSI Untuk Negeri

Firli menjabat Wakapolda Banten pada 2014, dan dua tahun kemudian duduk sebagai Karodalops Sops Polri. Di Jabatan inilah, Firli berpangkat jenderal bintang satu atau brigjen.

Pada 2017, Firli dipromosikan menjadi Kapolda NTB dan setahun kemudian dia ditugaskan di KPK sebagai Deputi Penindakan. Bintang dua didapatnya saat menjabat Kapolda Sumatera Selatan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *