oleh

Peringati Sumpah Pemuda, Puluhan Peserta Ikuti Lomba Jelajah Alam Rimba Candi

PAGARALAM, ENIMTV – Memperingati Hari Sumpah Pemuda, puluhan peserta dari penggiat alam mulai dari freeland, komunitas hingga Kelompok Pencinta Alam (KPA) se-Sumbagsel, bahkan peserta dari Pulau Jawa yakni Cirebon mengikuti lomba Lintas Alam Jelajah Alam Rimba Candi. Acara diselenggarakan oleh Komunitas Kopi Merah Sabe (KKMS) dan Karang Taruna Kota Pagar Alam, dengan lokasi Kampung Rimba Candi, Kota Pagar Alam, sejak tanggal 29-31 September 2021.

Rony Bodi Ketua pelaksana dalam kegiatan tersebut menjelaskan, keegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 93 dan terselenggara berkat kerjasama antara KKMS berkolaborasi dengan Pemkot Pagar Alam melalui Karang Taruna Kota Pagar Alam.

“Pesertanya berjumlah puluhan orang dan 35 orang panitia. Setiap tim terdiri dari 3 sampai 5 orang,” ucapnya.

“Sangat bangga sekali di hari Sumpah Pemuda ini dapat memeriahkannya alam bentuk lain. Dalam artian kita bisa menjelajah alam disini, melihat keindahan alam, dan mengenang Sumpah Pemuda, bagaimana perjuangan pemuda kita dulu, lewat Jelajah Alam Rimba Candi ini,” tambah Rony.

Baca juga:  Tingkatkan Kerjasama dan Integrasi Transportasi Antar Negara, Indonesia Hadiri Forum ASEAN STOM Ke 48 dan ATM Ke 25 di Vietnam

Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni melalui Asisten III Hermawan, yang juga sekaligus meresmikan serta melepas peserta Jelajah Alam Rimba Candi mengatakan pihaknya menyambut baik acara itu. “Seperti yang kita pahami bersama bahwa Kota Pagar Alam memiliki segala potensi alam yang dapat dieksplorasi, terkhusus dalam bidang kepariwisataan,” ujarnya.

“Saya mewakili Pemerintah Kota Pagar Alam mengucapkan terima kasih, kepada komunitas pencinta megalitik sejarah seni adat Besemah atau kopi merah sabe dan karang taruna kota pagar alam, yang telah menyelenggarakan event ini. Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi sesama Penggiat Alam, dan secara tidak langsung peserta juga paling tidak akan mengenal kawasan di Rimba Candi ini,” tukasnya.

Selain itu, sekretaris badan teknis lapangan Refdinal (Mas Rey) menambahkan, persiapan kegiatan ini memakan waktu cukup lama, yaitu sekitar satu bulan setengah.

“Rute yang dilalui peserta yaitu melewati tiga objek wisata seperti air terjun kasih bunda, air terjun kembar, dan terakhir di batu persegi atau taman purba dengan jarak tempuh lebih kurang 4 km dan memakan waktu 3,5 jam,” jelasnya.

Baca juga:  Bareskrim Polri Tetapkan Eks Dirut PT Bosowa Corporindo Tersangka Kasus Sektor Jasa Keuangan

Sementara itu, peserta luar Sumsel asal Cirebon atas nama tim Forkoci (Forum Komunitas Kerukunan Orang Cirebon) yang mewakili FKPPI PD 6 Cirebon, Aming mengatakan, pihaknya senang dapat berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Ini hari yang ketiga kami di Sumsel, dari Cirebon langsung ke Palembang mampir sebentar di FKPPI PD 6 Palembang, menginap 1 hari dan langsung berangkat ke Pagar Alam, harapan saya bisa mengenal sejarah dan budaya Pagar Alam,” ucap Aming.

Ada juga beberapa peserta yang mengalami kendala diperjalanan saat menuju lokasi acara. Namun menurut mereka itulah bentuk perjuangannya, salah satunya perwakilan dari SMAN 1 Lawang Kidul Tanjung Enim, Afriansyah. Mereka mengalami pecah ban tiga kali dan terkena hujan.

“Penuh perjuangan bang untuk ikuti acara ini, untungnya teman-teman masih semangat. Kami kesini pake uang sendiri bang, karena tidak ada bantuan dari sekolah, kami patungan satu orang 50.000,” kata Afriansyah saat dibincangi mattanews.co.

Baca juga:  Solusi Tambahan Penghasilan di Masa Pandemi, Polsek Kota Lahat Kenalkan Tanaman Talas Beneng

Adapun peserta dari Kota Palembang, KPA K9 Team, yang merupakan salah satu KPA tertua asal Palembang juga turut andil dengan mengirim satu tim.

“Ini bentuk apresiasi kami dengan berpartisipasi sebagai peserta. Sesama penggiat alam harus saling mendukung satu sama lainnya,” ucap Gelang ketua tim.

“Kami datang berlima, tiga laki-laki dua perempuan, menang kalah tak masalah yang penting silaturahminya bang,” tambahnya.

Di tempat yang sama, penasehat pelaksana acara Ardhy Fitriansyah berharap agar acara tersebut terus dapat terlaksana setiap tahunnya demi mengenalkan Candi Rimba sebagai tempat destinasi wisata Kota Pagar Alam.

“Harapannya bisa menjadi agenda tahunan di Kota Pagar Alam. Selain silaturahmi juga mengenalkan tempat wisata di Candi Rimba Pagar Alam,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pemenang di Jelajah Alam Rimba Candi yakni kekuar sebagai juara 1 di raih oleh PASKARAGA SMAN 3 Pagar Alam, juara 2 KPA MARGEDIPE, juara 3 Navigator Kepahyang, Favorit 1 Logika Kopi, dan Favorit 2 diraih oleh GAPALA 04 A. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *