oleh

Gandeng PTBA dan Pemkab, Perayaan HLHS SMSI Lahat Berjalan Sukses

LAHAT, ENIMTV – Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2021, yang diadakan Pengurus Serikat Media Siber (SMSI) Kabupaten Lahat, PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Pemerintah Kabupaten Lahat dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat berjalan sukses.

Kegiatan HLHS tersebut diantaranya Penanaman bibit Pohon serta penyebaran 10 ribu benih Ikan di Sungai Lematang tepatnya di depan Kantor Lurah Pasar Bawah Kecamatan Lahat yang mengusun tema “Hijaukan Bumi dan Bangkit dari Pamdemik Untuk Lahat Bercahaya”. Jumat (16/7/2021).

Selain itu rangkaian HLHS sebelumnya sudah dilakukan berbagai jenis lomba antara lain, Lomba Fotografi, Lomba Vediografi dan Lomba Baca Puisi yang diikuti tingkat pelajar SMP dan SMA melalui Online.

Hadir kegiatan dengan Protokol Kesehatan yang ketat itu, Wakil Bupati Lahat, Wakapolres Lahat, Pasi Intel Kodim 0405/Lahat, Pj Sekda Lahat, Asesten III dan perwakilan PTBA serta jajaran OPD di Pemkab Lahat

Baca juga:  Kios Pedagang PTM Serelo Dirusak, Ketua PPTMS Minta Pemda Lahat Ambil Alih Pengelolaan Pasar

Tampak juga Camat Lahat, Danramil Kota Lahat, Lurah Pasar Lama, Ormas LPC, Kadin Lahat, LSM Gempur serta tamu undangan lainnya.

Laporan Ketua Panita Nopriadi menjelaskan acara ini diselenggarakan atas kerjasama SMSI Kabupaten Lahat dalam hal ini pihak Dinas Lingkungan Hidup Lahat dan pihak PT BA Tanjung Enim, yang mana telah banyak membantu didalam kegiatan ini.

“Adapun kegiatan yang diselenggarakan ada 5 rangkaian yaitu, Lomba Fotografi, Lomba Vediografi dan Lomba Baca Puisi, Penanaman bibib Pohon dan Penebaran Ribuan Binih Ikan yang akan dilakukan pada hari ini secara bersamaan, ” jelasnya.

Sementara sambutan Ketua SMSI Lahat Barab Dafri FR mengucap alhamdulilah kegiatan dalam rangka memperingati HLHS ini bisa terlaksana dengan baik semua ini berkat kerjasama kawan- kawan pengurus SMSI Lahat serta warga dan Karang Taruna Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Lahat.

Baca juga:  Terlibat Narkoba, 1 Anggota Polres Lahat Dipecat

“Dalam kesempatan ini saya mengucapkan ribuan terimakasih kepada pihak PT BA, DLH, yang telah banyak memberikan bantuan kepada kami untuk melaksanakan kegiatan ini, dan tak lupa juga kami ucupan terimakasih kepada Wakil Bupati Lahat, PJ Seketaris Daerah serta jajaran OPD Lahat dan pihak Perusahaan PT BA yang mana telah menyempatkan waktu untuk hadir langsung didalam kegiatan ini, ” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM, sangat menyambut baik atas kegiatan yang diselenggarakan oleh pengurus SMSI Lahat, telah peduli kepada lingkungan, menyadari bahwa kawasan lingkungan yang hijau seperti Lahan dan Sungai berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan hasil alam untuk dinikmati.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengingatkan kita semua, bahwa peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia ini merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian kita terhadap Bumi dimana kita hidup secara umum. Kita ingin hidup nyaman dimuka bumi ini,” ucapnya.

Baca juga:  Bupati Lahat Hadiri Pembukaan Rapat Paripurna DPRD ke XIII, Membahas Raperda tentang APBD Perubahan

Masih katanya dalam kegiatan ini, kiranya masyarakat khusus warga Kelurahan Pasar Bawah dapat menjaga kelestarian alam, tidak menebang pohon sembarangan, jangan membuang sampah ke sungai.

“Dikesempatan ini saya juga menghimbau kepada masyarakat Pasar Bawah, agar jangan melakukan kegiatan memutas ikan, menyetrum, Jaring dan jaleh disungai Lematang yang kita sayangi lainya, ” himbau Wabup.

Usai laporan dan sambutan acara, kegiatan dilanjutkan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba secara simbolis dan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan SMSI Lahat kepada Bupati Lahat dan PTBA.

Kemudian acara penanaman pohon di pinggir Sungai Lematang dekat lokasi acara serta penyebaran ribuan Benih Ikan di aliran sungai tersebut secara bersamaan. (SMSI Lahat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *