oleh

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Libur Panjang, Menhub Cek Penerapan Prokes di Pelabuhan Tanjung Priok

JAKARTA, ENIMTV – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (30/10), dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa libur panjang dan memastikan protokol kesehatan (prokes) telah diterapkan dengan baik untuk mencegah terjadinya peningkatan kasus COVID-19 usai libur panjang.

Dalam peninjauan tersebut, Menhub mengapresiasi para petugas di Pelabuhan Tanjung Priok yang telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Petugas Syahbandar, Otoritas Pelabuhan, Pelni, Pelindo 2, TNI, Polri, dan seluruh pihak terkait. Karena tanpa kerja sama ini tidak bisa terlaksana dengan baik. Saya harap jangan sampai ada yang terpapar (COVID-19), saya mendoakan agar kita semua sehat dan bisa melayani dengan baik,” ujarnya.

Baca juga:  Kemenhub Siap Kendalikan Transportasi di Masa Sebelum, Selama, dan Sesudah Peniadaan Mudik

Menhub menaiki Kapal Kelud yang tengah bersandar untuk mengecek seluruh fasilitas dan memastikan penerapan protokol kesehatan, seperti penyemprotan disinfektan dan kebersihan kapal.  Kapal ini akan berlayar menuju Batam, Kepulauan Riau.

“Pak Presiden berpesan agar libur panjang kali ini bisa berjalan dengan baik dan lancar dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Saya sangat bahagia hari ini bahwa di tengah masyarakat libur, para petugas di pelabuhan tetap melakukan kegiatan pelayanan dengan baik. Tandanya kalian adalah putra bangsa sejati yang siap selalu melayani,” ujarnya.

Baca juga:  Bertekad Pertahankan Opini WTP, Bupati Muara Enim Instruksikan Jajarannya Siapkan Data dan Akses Dukung Pemeriksaan BPK

Pada peninjauan kali ini, Menhub juga membagikan masker berlapis kepada para petugas dan penumpang untuk melindungi diri dari paparan COVID-19. Ia juga berpesan agar rutin menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

“Kita membagikan masker karena salah satu simbol protokol kesehatan. Masker yang digunakan harus masker yang berlapis supaya fungsi pertahanan terhadap virus berjalan dengan baik,” pungkasnya. (*)

Baca juga:  Kapolri Keluarkan Telegram Pedoman Pengamanan Pilkada Serentak 2020

Sumber: BKIP Kemenhub

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.