oleh

Ekspor Batik Meningkat Saat Masa Pandemi Covid-19

JAKARTA, ENIMTV – Meningkatnya ekspor batik di tengah masa pandemi Covid-19 merupakan suatu fenomena yang cukup unik.

Demikian disampaikan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat menghadiri peresmian Rangkaian Kegiatan Hari Batik Nasional 2020 bertajuk Kreasi Tiada Henti secara virtual di Jakarta, Jumat (2/10/2020).

Dilansir dari ANTARA, Menperin menyampaikan bahwa ekspor batik meningkat di tengah pandemi Covid-19 menjadi 21,54 juta dolar AS pada periode Januari hingga Juli 2020, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya 17,99 juta dolar AS dengan pasar utama ke Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.

Baca juga:  Kemenperin dan BNPB Bangun Lab Pengujian Untuk Penuhi Kebutuhan Masker N95

“Fenomena yang cukup unik, karena pasar ekspornya bisa meningkat di saat masa pandemi Covid-19 ini,” kata Agus.

Menperin mengatakan usaha membuka pasar-pasar baru tingkat global diharapkan bisa membantu kembali menggairahkan kinerja industri batik Indonesia, sekaligus semakin memperkenalkan batik Indonesia.

Menurutnya, melihat kondisi yang ada selain merupakan warisan budaya, batik juga merupakan komoditi industri yang cukup penting.

Baca juga:  Perkuat Struktur Dalam Negeri, Kemenperin Dorong Peningkatan Investasi Sektor Industri Agro

Industri ini dinilai mempunyai daya ungkit besar dalam penciptaan nilai tambah, perdagangan, besaran investasi, dampak terhadap industri lainnya, serta kecepatan penetrasi pasar.

“Kemenperin terus berupaya melestarikan serta mendorong pengembangan industri batik nasional agar lebih berdaya saing global,” ujar Agus.

Menurut data Kemenperin, saat ini industri batik mencapai 47.000 unit dan tersebar di 101 sentra serta mempekerjakan lebih dari 200.000 orang.

Baca juga:  Dinas Perikanan Pemkab Lahat Salurkan 210.000 Benih Ikan Untuk 20 Pokdakan

Menperin menambahkan, industri batik juga telah berperan besar dalam menyumbang devisa negara. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *