oleh

BNPB Gelar Pasukan Atasi Banjir Jabodetabek

JAKARTA, ENIMTV – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali gelar pasukan dan mengadopsi operasi dan strategi penanggulangan banjir awal tahun 2020 lalu untuk menanggulangi bencana banjir yang terjadi di kawasan Jabodetabek, Selasa (25/2).

Keputusan tersebut diambil dari hasil rapat koordinasi Penanggulangan Banjir Jabodetabek di Kantor BNPB yang dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari Kementerian/Lembaga, Unsur TNI/Polri dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Selasa (25/2) pukul 08.00 WIB.

Baca juga:  Jangkau Desa-desa Terisolir Pascagempa M 6,2 Sulbar, BNPB Kerahkan 4 Helikopter untuk Distribusikan Bantuan

Selain itu, sebagai koordinator, komando dan pelaksana, BNPB memastikan bahwa operasi gelar pasukan dalam rangka penanggulangan banjir Jabodetabek ini telah terlaksana dan tersebar di sejumlah titik untuk meringankan beban warga dari dampak banjir yang dipicu oleh faktor cuaca.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur kawasan Ibukota DKI Jakarta dan sekitarnya sejak Senin (24/02) dini hari hingga Selasa (25/02) pagi mengakibatkan sejumlah kawasan di Jabodetabek terendam banjir.

Baca juga:  Indonesia Halal Lifestyle Center Luncurkan Laporan Ekonomi Negara Islam 2020/2021 di 11 Negara

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah mengeluarkan peringatan dini terkait adanya hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir di wilayah ibukota yang berlaku hingga Rabu (26/2).

Selain mengimbau warga agar menyiapkan strategi dan mitigasi bencana banjir, BNPB juga mengajak masyarakat agar turut aktif melaporkan kejadian banjir untuk memudahkan pemetaan dan jangkauan tim lapangan melalui Petabencana.id. Lebih lanjut, melalui situs yang dikembangkan oleh BNPB tersebut warga juga dapat memantau perkembangan banjir terkini secara langsung.

Baca juga:  1.801 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Kabupaten Halmahera Utara

Sumber: Pusat Data Informasi BNPB

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *