oleh

Taiwan Ajak Talenta Indonesia Maju Bersama 

JAKARTA, ENIMTV – Setelah dibukanya International Talent Circulation Base (INTACT Base) di Jakarta Desember tahun lalu, Kementerian Pendidikan Taiwan (MOE) sukses menyelenggarakan pameran pendidikan “Taiwan Intense Program” di Jakarta pada Selasa, 19 Maret 2024.

Keterangan pers Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) yang diterima di Jakarta, Sabtu (23/3/2024), menyatakan, tujuan promosi bersama Taiwan dan Indonesia adalah kerja sama pendidikan antara kedua belah pihak untuk mengambil langkah maju bersama.

Disebutkan INTACT Base telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan 34 perguruan tinggi di Indonesia. Pada pameran tersebut, tiga universitas se-Indonesia menandatangani perjanjian kerja sama dengan INTACT Base.
Setelah Jakarta, selanjutnya pada 21 Maret pameran serupa juga digelar di Surabaya.

Baca juga:  Operasi Ketupat Peniadaan Mudik Resmi Ditutup, Korlantas Putarbalik 461.626 Kendaraan dan Tindak Tegas 835 Travel Gelap

Kepala Perwakilan TETO John C. Chen menjelaskan, Taiwan Intense Program juga bertujuan untuk membantu pelajar Indonesia mempelajari bidang ilmu profesional yang dibutuhkan dunia kerja, seperti farmasi, teknik, matematika, keuangan, dan semikonduktor.

Adapun tujuan utama pameran pendidikan itu adalah untuk mempromosikan INTACT Base dan bekerja sama dengan Indonesia untuk membina talenta-talenta unggulan.

Baca juga:  Ledakan Sumur Bor Ilegal di Muba Diduga Jadi Ladang Subur Sejumlah Oknum

John C. Chen menyebutkan, berkat kerja sama 25 perguruan tinggi dan 112 perusahaan Taiwan, pada tahun ini MOE telah memberikan izin operasional 48 program.

Ia berharap melalui pameran ini dapat mengintensifkan kerja sama dan pertukaran pendidikan antara Taiwan-Indonesia.

Menurut dia, program ini dikembangkan bersama oleh Pemerintah Taiwan, industri dan universitas-universitas di Taiwan yang bersinergi memberikan kesempatan kepada pelajar Indonesia untuk belajar, magang dan bekerja di Taiwan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI juga mengirimkan perwakilannya untuk menghadiri pameran tersebut.

Baca juga:  Polri Tangkap 3 Tersangka Kasus Dugaan Pemalsuan Akte Perusahaan

Dalam rangka mengimplementasikan investasi lima tahun sebesar 5,2 miliar, Pemerintah Taiwan mendirikan 10 basis pelatihan INTACT Base di berbagai negara serta melaksanakan “Rencana Implementasi Pelajar Internasional untuk Datang dan Tinggal di Taiwan.”

Sebagai informasi, Kementerian Pendidikan Taiwan pada tahun lalu menugaskan Cheng Shiu University, Chaoyang University and Technology, dan Hsing Wu University untuk mendirikan tiga basis pelatihan (INTACT Base) di Indonesia. Ketiganyaberlokasi di Universitas Bina Insani Bekasi, Universitas Surabaya, dan Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung. (SMSI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *