oleh

Polres Muara Enim Lakukan Pengamanan Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 di Tingkat PPK

MUARA ENIM, ENIMTV – Sejumlah PPK di Kabupaten Muara Enim telah memulai pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024 yang dimulai pada Minggu, 18 Februari 2024.

Tindakan ini merupakan langkah penting dalam proses demokrasi untuk penghitung dan merekapi hasil perolehan suara di tingkat Kecamatan di Kabupaten Muara Enim.

Untuk memastikan jalannya Rapat Pleno Terbuka dengan aman, personel Polres Muara Enim dan Polsek Jajaran bersama dengan Kodim 0404 Muara Enim serta Koramil telah melakukan pengamanan ketat untuk menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan proses rekapitulasi penghitungan surat suara pada Rapat Pleno, serta melindungi peserta rapat dan fasilitas yang terlibat.

Baca juga:  AMS Desak DPRD Sumsel Hentikan Pembahasan Raperda RTRW

Keamanan yang diberikan oleh aparat Kepolisian dan TNI diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang kondusif, meminimalisir potensi gangguan keamanan, dan memastikan bahwa proses rekapitulasi berlangsung dengan baik. Selain itu, pengamanan ini juga untuk memberikan rasa aman kepada seluruh peserta rapat pleno dan memastikan bahwa proses demokrasi berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra melalui Kasi Humas AKP RTM Situmorang mengatakan bahwa, beberapa PPK di wilayah telah menggelar rapat pleno dan proses tersebut diberikan pengamanan ketat oleh aparat TNI/Polri.

“Tindakan ini merupakan wujud sinergitas antara TNI dan Polri untuk memastikan jalannya Rapat Pleno dengan aman dan lancar,” ujar Kasi Humas.

Baca juga:  Peduli Petani Indonesia, Tim Teknis Taiwan Edukasi soal Pengendalian Hama

Pengamanan ketat yang dilakukan oleh aparat TNI/Polri bertujuan untuk memberikan perlindungan dan menjamin keamanan selama proses rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat PPK. Kerja sama ini mencerminkan komitmen bersama untuk menjaga keamanan dan kelancaran proses demokrasi di Kabupaten Muara Enim.

“Dengan adanya pengamanan yang ketat, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman, kondusif, dan terkendali. Ini juga menjadi langkah preventif untuk menghindari potensi gangguan atau ancaman terhadap keamanan,” ujarnya

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tersebut, hadir beberapa pihak termasuk PPK, Panwascam, petugas PPS, dan saksi dari masing-masing partai politik. Kehadiran semua pihak ini menunjukkan transparansi dan keterlibatan semua stakeholder dalam proses demokrasi.

Baca juga:  PT Medco E&P Indonesia Gelar Sosialisasi Usaha Hulu Migas di Kecamatan Talang Ubi

AKP RTM Situmorang juga mengucapkan rasa syukur karena sampai saat ini situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap aman dan kondusif.

Ia menegaskan bahwa hal ini dapat terwujud berkat peran aktif dari masyarakat, yang turut serta dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama proses pemilihan.

“Semoga situasi tetap kondusif hingga selesainya seluruh proses pemilihan dan rekapitulasi suara. Peran aktif dari masyarakat, bersama dengan pengawalan dan pengamanan yang baik dari aparat kepolisian, dapat menjaga integritas dan keberlangsungan proses demokrasi yang adil dan transparan,” pungkasnya. (Aal/Humas Polres ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *