oleh

Viral Video Sekda OKI Minta Kades Dukung Caleg Tertentu, Ini Kata Bawaslu Sumsel

PALEMBANG, ENIMTV – Beredar video Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Asmar Wijaya MSi meminta kepada kepala desa (Kades), Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel untuk mendukung bakal calon legislatif (bacaled) tertentu pada Pemilihan Legislatif 2024.

“Saya menyampaikan pesan dari Bapak Bupati karena beliau tidak berkesempatan hadir mohon dukungan dan doanya,” kata Asmar Wijaya, Sabtu (30/9/2023).

Baca juga:  Pimpin Rakor Forkopimda, Bupati Lahat: Mari Bersatu Bekerja Sama Dalam Memutus Penyebaran Covid-19

Asmar Wijaya mengatakan, seluruh kades Kabupaten OKI termasuk masyarakat di masing-masing desa untuk mendukungnya.

“Ini tujuannya agar apa yang dicita-citakan Alki Ardiansyah untuk maju sebagai anggota DPRD Sumsel dan Bapak Iskandar SE selaku calon anggota DPR RI 2024 dapat terwujud,” ujar dia

Menanggapi viralnya video itu, Bawaslu Sumsel mengingatkan agar ASN untuk netral dan tidak mengarahkan perangkatnya ke masyarakat untuk memilih calon tertentu di Pemilu 2024.

Baca juga:  Kajati Sumsel Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Baru Kejari Muara Enim

“Kami imbau para ASN di Sumsel, untuk menjaga netralitas sesuai edaran Menpan-RB,” kata Ketua Bawaslu Sumsel, Kurniawan, Jumat (29/9/2023).

Anggota Bawaslu Sumsel Divisi Penanganan Pelanggaran, Ahmad Naafi, mengatakan Bawaslu akan menelusuri adanya ajakan Sekda atau ASN di OKI untuk mengarahkan perangkat desa memilih orang tertentu di Pileg 2024 nanti.

“Pastinya, kita telusuri kapan di mana kejadiannya, sebab dari informasi awal video tersebut terjadi di tanggal 25 Agustus 2023 lalu, bertempat di Bogor,” katanya.

Baca juga:  PTBA Kembangkan Energi Biomassa dari Kaliandra Merah

Menurutnya, dugaan pelanggaran nanti akan dikaji termasuk netralitas ASN, maupun dugaan pelanggaran sesuai PKPU 15/2023 tentang kampanye. (SMSI Sumsel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *