56 Desa di OKI Memilih Pemimpin, Para Cakades Harus Ciptakan Pilkades Aman & Kondusif

Berita, Sumsel41 views

OKI, ENIMTV – Kegiatan tahapan Pilkades serentak di 56 Desa yang tersebar di 16 Kecamatan Kabupaten OKI tahun 2023 ditekankan menjadi fokus utama dalam kegiatan yang menekankan pentingnya pelaksanaan Pilkades yang berintegritas dan transparan.

Kepala Dinas PMD Kabupaten OKI Ari Mulawarman melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelembagaan Rudi Kurniawan mengatakan, sangat pentingnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses tahapan Pilkades berlangsung sampai dengan proses pelantikan kades terpilih terkait dengan kegiatan PMD saat ini telah melakukakn sosialisasi kepada panitia dan para saksi Cakades tentang teknis terkait pelaksanaan Pilkades serentak Kabupaten  OKI Tahun 2023, diharapakan kepada calon kepala desa supaya dapat juga menjaga situasi di desanya masing-masing dalam mendukukung proses pelaksanaan pillkades dengan berjalan aman lancar dan kondusif.

Baca juga:  Pemdes Prabu Menang Bagikan Sembako, Bantu Korban Kebakaran Pasar Bawah Lahat

“Kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat untuk dapat mendukung situasi keamanan dan ketertiban umum dengan telah berlangsungnya proses tahapan Pilkades di masing-masing desa,” katanya, Jumat (23/6/2023).

Menurutnya, sudah menjadi tugas bersama lapisan masyarakat harus bersama-sama bersinergi supaya tetap kondusif.

“Kita dapat menjaga situasi yang tetap kondusif hingga saat ini serta  mendukung dan mengawal pihak panitia dalam proses menjalankan tahapan pilkades dengan peraturan yang telah ditetapkan demi terciptanya situasi aman dan kondusif,” katanya.

Baca juga:  Wakapolres Lahat Lepas 17 Atlet INKAI Menuju Kejurda Kota Pagar Alam

Hingga saat ini tahapan proses pilkades telah memasuki masa tenang dari tanggal 23 s/d 25 Juni 2023.

Di mana Para Calon Kepala Desa (Cakades) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Senin (26/6/2023) nanti, diminta berkomitmen  menciptakan kondisi yang kondusif dengan menjaga keamanan dan ketertiban di desanya.

Jumlah seluruh calon kades di 56 Desa yang tersebar di 16 Kecamatan Kabupaten OKI yang akan mengikuti Pilkades serentak tahun 2023, berjumlah 139 orang Calon Kades telah melaksanakan deklarasi damai terhadap calon Kades yang akan maju dalam pilkades serentak Kabupaten OKI, di mana pelaksanaan kegiatan deklarasi damai dilaksanakan di masing-masing kantor kecamatan yang desanya ikut dalam pilkades.

Baca juga:  Kebakaran di Kemayoran Muara Enim, 1 Rumah Ludes Terbakar

Pemerintah Kabupaten OKI melalui Dinas PMD Kab OKI mengharapkan dalam proses pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2023 agar tetap berjalan lancar tanpa menimbulkan permasalahan sampai dengan proses tahapan Pilkades selesai. (SMSI Sumsel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *