oleh

Pesan Plt Bupati Kaffah kepada Para Pemuda: Tingkatkan Kapasitas Diri Berdasarkan Ideologi Pancasila

MUARA ENIM, ENIMTV – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmawi Kaffah berpesan kepada para pemuda untuk terus meningkatkan kapasitas diri berdasarkan ideologi pancasila, karena generasi muda adalah tonggak suatu bangsa.

“Saya terbayang pada 2045 nanti kita tidak tahu negeri kita menjadi apa, tapi yang jelas saya berdoa di dalam hati, negeri kita harus maju. Di tahun itu pula kita tidak tahu siapa pemimpin negeri ini, siapa yang akan memimpin sampai ke daerah. Namun yang jelas, pemuda nanti yang saat ini hadir akan tumbuh menjadi pelaku utama dalam menjalankan roda pemerintahan dan kehidupan berbangsa dan negara,” ujar Kaffah saat diwawancara usai Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023, di halaman Kantor Bupati Muara Enim, Senin (5/6/2023).

Baca juga:  GOR Cahaya Mulya Desa Pulau Panggung Diresmikan Plt. Bupati Muara Enim, Diharapkan Bisa Cetak Atlet Muda Berbakat

Plt Bupati berpesan kepada para generasi muda untuk meningkatkan kapasitas dan akhlak. Menurutnya, kualitas akhlak menjadi yang paling penting.

“Negeri ini tidak kekurangan orang pintar, tetapi kita kekurangan orang benar. Oleh karena itu, pemuda harus tampil ke depan untuk itu,” pesannya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang itu menuturkan bahwa, ada dua hikmah yang dapat diambil dari Hari Lahir Pancasila ini.

“Pertama, hikmah kesejarahan. Hikmah kesejarahan jelas bahwa kita bangga sebagai bangsa Indonesia yang dianugerahi Pancasila. Lima prinsip dasar sebagai dasar kita untuk menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara ini tidak hanya terbukti secara tekstual tetapi kontekstual, tidak hanya terbukti di dalam negeri, tetapi relevan untuk luar negeri,” tuturnya.

Baca juga:  Ikuti Festival Literasi Sumsel, Pemkab Muara Enim Angkat Budaya Tunggu Tubang

Hikmah kedua, lanjut Kaffah, yaitu hikmah kontemporer. Di era seperti ini di mana sarat dengan konflik, disintegrasi, serta hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, ternyata Pancasila hadir memperkuat kita semua.

“Pancasila memberikan kita kekuatan lahir batin dan membuat negeri kita survive, bertahan di tengah krisis. Tadi disampaikan Presiden, tidak hanya krisis ekonomi, sosial dan juga lain sebagainya. Oleh karena itu, hikmah besar kita harus bersyukur pada hari ini,” tandasnya.

Dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 di Kabupaten Muara Enim, Plt Bupati bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki sebagai Pembaca Teks UUD 1945, dan Kepala Kantor Kemenag Muara Enim Hasanudin sebagai Pembaca Doa.

Baca juga:  Dukung Kota Tanggap Ancaman Narkoba, BNNK Muara Enim Gelar Workshop Penguatan Kapasitas Insan Media

Adapun petugas upacara sebagai berikut: Komandan Upacara AKP Fery Firdayanto (Kasat Binmas Polres Muara Enim); Perwira Upacara Kapten Inf Erry Hastanto (Pasi Pers Kodim 0404/Muara Enim); Ajudan Inspektur Upacara Putra Ariandy (Staf Bagian Prokopim Setda Muara Enim); dan Pengibar Bendera yaitu M. Dwi Prastyo (Siswa SMAN 2 Muara Enim, Azka Tri Ilham (Siswa SMAN 2 Muara Enim) serta Beta Iqbal Hakim (Siswa SMAN 1 Muara Enim).

Turut hadir dalam upacara tersebut di antaranya Dandim 0404 Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar, Kajari Muara Enim Ahmad Nuril Alam, Sekda Muara Enim Yulius, dan para Kepala Perangkat Daerah di lingkup Kabupaten Muara Enim. (Aal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *