oleh

Wawako Bersama Pengurus FKUB Lubuklinggau Studi Wawasan Kerukunan ke Kota Magelang

LUBUKLINGGAU, ENIMTV – Wakil Wali Kota (Wawako) Lubuklinggau H. Sulaiman Kohar didampingi pejabat Pemkot Lubuklinggau bersama Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Lubuklinggau melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (13/12/2022).

Kunker Wawako Lubuklinggau selaku Ketua Dewan Penasihat FKUB dan seluruh Pengurus FKUB Kota Lubuklinggau dalam rangka studi wawasan kerukunan.

Wawako Lubuklinggau beserta rombongan disambut langsung oleh Wali Kota Magelang dr. H. Muchamad Nur Aziz, Sp.PD, KGH di Pendopoan Rumah Dinas Wali Kota Magelang, yang dihadiri oleh Ketua dan Pengurus FKUB Kota Magelang, Kaban Kesbangpol, Kakan Kemenag, dari Bagian Kesra Setda Kota Magelang dan Pejabat Pemkot Magelang lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Magelang menyampaikan ucapan selamat datang di Kota Magelang dan sangat senang dipilihnya Kota Magelang sebagai tempat kunker pejabat dan pengurus FKUB Kota Lubuklinggau.

Baca juga:  Kapolri Ingatkan Jajarannya Jaga Netralitas di Pilkada Serentak 2020

Kota Magelang yang berpenduduk 127.251 jiwa merupakan salah satu kota yang memiliki tingkat kerukunan (toleran) yang sangat baik, di mana saat ini Kota Magelang menduduki peringkat ke 6 nasional berdasarkan hasil survei Setara Institute.

“Ini tak lepas dari peran Pemerintah, FKUB dan masyarakat yang sangat antusias dalam menjaga kerukunan di Kota Magelang,” ujar Wali Kota Magelang.

Sementara itu, Wawako Lubuklinggau H. Sulaiman Kohar dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot Magelang yang telah menerima secara baik atas kunjungan kerja FKUB Kota Lubuklinggau.

Wawako Lubuklinggau juga menyampaikan bahwa kunjungan kerja ini merupakan program kegiatan FKUB Kota Lubuklinggau yang bertujuan untuk silaturahmi dan studi wawasan terkait kerukunan dan toleransi beragama di Kota Magelang, di mana Kota Magelang berhasil menjadi peringkat ke 6 Nasional Kota tingkat kerukunan tertinggi sesuai dengan Indeks Kerukunan dari Setara Institute, sehingga diharapkan nantinya bisa diterapkan di Kota Lubuklinggau sesuai dengan visi Kota Lubuklinggau yaitu “Mewujudkan Lubuklinggau Kota Metropolis Madani”, di mana salah satu unsurnya adalah masyarakat yang rukun dan damai.

Baca juga:  PTBA Dukung Program 100 Gerobak Peduli UMKM, Kerja Sama SMSI Sumsel dan FSPSS

“Meskipun secara umum Kota Lubuklinggau saat ini sudah cukup aman dan damai, hal ini dibuktikan dengan tidak pernah terjadi Konflik (Zero Konflik) baik antar suku, agama dan ras yang ada di Kota Lubuklinggau. Namun Pemerintah Kota Lubuklinggau dan FKUB tentunya terus berusaha mencegah dan meminimalisir potensi gangguan kerukunan umat sekecil apapun,” ujar Wawako Lubuklinggau.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua FKUB Kota Lubuklinggau Drs.Ismuridjal Umar, M.Si, menyampaikan pertanyaan bagaimana strategi yang dilakukan oleh Pemkot dan FKUB kota Magelang dalam menjaga kerukunan, sehingga berhasil menjadi kota yang sangat toleran sesuai dengan hasil survei Setara Institute menduduki peringkat 6 nasional.

Baca juga:  Kejari Muara Enim Musnahkan Barang Bukti Kejahatan Narkotika Senilai Rp 1,1 Miliar

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pula kunjungan ke tempat-tempat ibadah dan API (Asrama Perguruan Islam) Ponpes SALAF Tegal Rejo, dalam kegiatan silaturahmi tersebut rombongan dari Kota Lubuklinggau disambut oleh Pimpinan API sekaligus Pimpinan Ponpes SALAF KH. GUS YUSUF HUDORI. menyambut baik silaturahmi ini.

Turut mendampingi kunker FKUB ke Kota Magelang diantaranya : Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Lubuklinggau Kahlan Bahar, Kaban Kesbangpol Firdaus Abky, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Dr. H. Dian Chandera, Kadis Pariwisata H. Heri Zulianta, Kadis Ketahanan Pangan Cikwi, Kabag Kesra Ahyar El Hafiz, dan Kabid Wasbang Kesbangpol Taufik Hidayat, Kasubbag Komunikasi Pimpinan Apendi, SH. (SMSI Silampari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *