oleh

Peringati HUT ke-41, PTBA Beri Operasi Katarak Gratis Kepada Warga

MUARA ENIM, ENIMTV – Masih dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 BUMN MIND ID pertambangan yang berada di Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul memberikan operasi katarak gratis kepada warga ring 1 operasional Perusahaan.

General Manager Pertambangan Tanjung Enim PTBA, Venpri Sagara, secara langsung membuka pelaksanaan dimulainya kegiatan operasi katarak di Rumah Sakit Bukit Asam Medika (RSBAM) Tanjung Enim, Jumat (25/2/2022).

Pada kesempatan ini, Venpri menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga sekitar Perusahaan dari Lawang Kidul, Tanjung Agung, Muara Enim lingkup Kabupaten Muara Enim, dan Merapi Barat dan Merapi Timur dari Kabupaten Lahat yang mempercayakan kepada PTBA dan RSBAM untuk menjalankan operasi katarak ini.

Semula pada screening pertama sebanyak 150 orang, screening kedua 48 orang dan hingga akhirnya yang mengikuti operasi katarak sebanyak 36 orang.

Baca juga:  PTBA Bangun Pedestrian Percantik Tanjung Enim

Ia mengatakan mata merupakan hal yang sensitif. Maka dari itu, apabila kegiatan operasi ini sudah lewat, tetap bisa dijalankan karena masih ada program Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA yang fokus utamanya adalah memang kesehatan.

Artinya, kalau memang ada warga yang katarak segera langsung dibantu saja. Apalagi kalau itu pensiunan atau masyarakat di sekitar wilayah ring 1 Perusahaan. PTBA dapat melakukan kegiatan secara berkelanjutan apalagi untuk masyarakat kurang mampu dirasa tidak menjadi masalah.

Tidak lupa ia berharap ke depannya, peralatan yang ada di RSBAM agar lebih baik lagi supaya setelah nantinya operasi katarak tidak perlu ditutup lagi matanya, jadi setelah operasi langsung sehat kembali.

Mudah-mudahan ke depannya kami dari Manajemen Bukit Asam dapat support penuh kegiatan ini dan semoga bermanfaat bagi masyarakat.

“Ini merupakan wujud kepedulian kehadiran PT Bukit Asam Tbk kepada masyarakat wilayah ring 1 Perusahaan dan cakupan wilayah semakin meluas. Doakan Bukit Asam agar sukses dan baik selalu, agar bisa memberikan dampak positif untuk masyarakat wilayah operasi Bukit Asam,” pungkas Venpri.

Baca juga:  Update 18 Juni 2020: Pasien Sembuh COVID-19 di Indonesia Naik Jadi 16.798, Kasus Positif Bertambah 1.331

Mewakili Pemerintah, Sekcam Lawang Kidul, Safar Evandi, mengapresiasi dan berterima kasih kepada PTBA karena ini merupakan implementasi dan wujud kepedulian PTBA kepada masyarakat khususnya masyarakat Lawang Kidul dalam melaksanakan dan mendukung pembangunan kesehatan masyarakat yang berkualitas.

“Hal ini juga selaras dengan pencapaian visi dan misi Kabupaten Muara Enim yang Merakyat yakni Sehat, Mandiri, Agamis, Sejahtera, dan Berdaya Saing,” ujarnya.

Sementara itu, dr. Alfurqon Sp.M dari Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) Kabupaten Muara Enim, yang juga Direktur RSUD Dr HM Rabain Muara Enim, mengucapkan terima kasih kepada PTBA dengan harapan acara baik ini bisa kita lanjutkan setiap tahunnya karena ini sangat luar biasa dan semoga Bukit Asam tetap concern terhadap kegiatan operasi katarak.

Baca juga:  Kapolri Cek Pasien Covid-19 Terlayani dengan Baik di RS Polri dan Berikan Bansos ke Nakes

“Kita pahami bahwa tingkat jumlah kebutaan di Indonesia ada 8 juta penduduk dan 80% disebabkan oleh katarak. Kami sebagai perwakilan ari dokter ahli mata se-Sumatera Selatan sangat senang dan berbahagia serta sangat concern dengan masalah buta katarak ini,” ungkapnya.

Sementara, Hasanuri (72) warga Desa Tanjung Raja dan Masna (62), warga Desa Kepur keduanya dari Kecamatan Muara Enim mengucapkan syukur Alhamdulillah karena katarak yang dialaminya selama ini telah terobati dengan adanya operasi katarak gratis dari PTBA.

“Terbantu sekali dengan adanya operasi katarak gratis dari PTBA ini, karena kalau mau operasi sebenaran biayanya mahal,” kata Hasanuri yang juga dibenarkan Masna. (Aal/Humas PTBA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.