oleh

HPN 2021, SMSI Sumbang Jalan dan Sarana Sanitasi Untuk Masyarakat

SERANG, ENIMTV – Selain menyelenggarakan Webinar dengan tema “Pemulihan Ekonomi Nasional dan Kebangkitan Ekonomi Kreatif”, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) juga melaksanakan pembangunan jalan dan sarana sanitasi untuk warga kota Serang, Provinsi Banten.

SMSI, salah satu organisasi konstituen Dewan Pers, organisasi pengusaha pers siber yang beranggotakan 1.224 perusahaan pers kini tengah mengembangkan keanggotaannya hingga tingkat kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Dalam memperingati HPN, perusahaan media dibawah payung SMSI bersama-sama melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.

Pembangunan jalan dan sarana sanitasi berupa bangunan tempat mandi, cuci, dan kakus (MCK).  Program ini merupakan salah satu bakti sosial untuk menandai peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang akan berlangsung 9 Februari 2021.

Menurut Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus, sebelum puncak acara HPN 9 Februari 2021, diharapkan pembangunan jalan dan MCK, sudah harus selesai.

Baca juga:  Jaga Kondusifitas Nasional, Ketua Umum SMSI Serukan Perangi Hoax

“Ini sumbangan SMSI untuk warga, ini merupakan bantuan masyarakat pers untuk masyarakat dalam rangka memperingati HPN, dan kita pastikan peresmiannya dapat diwujudkan sebelum acara puncak HPN” kata Firdaus ketika secara seremonial mengawali pembangunan jalan dan MCK di Kampung Jaha, Kelurahan Pageragung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Rabu (13/1/2021).

 

Pembangunan jalan tersebut sebenarnya telah dimulai sejak beberapa pekan lalu. Diawali pembebasan lahan, perataan tanah dan penebangan pohon. Jalan yang dibangun merupakan jalan baru dengan panjang 750 meter dan lebar 2,5 meter. Sedangkan MCK yang sedang dibangun sementara ini berjumlah 16 unit.

Pelaksanaan pembangunan kedua proyek sosial itu ditangani SMSI, terutama SMSI Provinsi Banten, karena paling dekat dengan lokasi proyek tersebut.

Untuk merealisasikan kegiatan tersebut, Ketua dan Penanggung Jawab pembangunan MCK Lesman Bangun Ketua SMSI Banten, berserta Ketua Penanggung Jawab pembangunan jalan Andi Setiadi. Dengan bergerak cepat, mengajak warga setempat untuk melakukan gotong royong bersama.

Baca juga:  Lontarkan Kata-kata Kasar, Oknum Satlantas Polres Tanah Karo Diduga Hina Profesi Wartawan

“Saat ini pengerjaan MCK sudah mencapai 65 persen, kita juga melakukan koordinasi ke penanggung jawab jalan, dan telah mencapai 75 persen. Kami pastikan, mudah mudahan sebelum puncak HPN ini MCK dan jalan sudah terealisasi,” ujar Lesman Bangun yang juga CEO Bangun Media Group.

Sementara itu Lurah Pager Agung,  H. Hamimi menyambut baik gerak cepat bakti sosial SMSI.

“Saya menyambut baik dan berterima kasih kepada SMSI dan semua pihak yang sudah membantu pembuatan jalan dan MCK. Saya mewakili warga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak, terutama SMSI,” ujarnya Hamimi.

Selain Lurah, dalam acara tersebut hadir pula perwakilan dari Koramil setempat, Kapolsek Walantaka AKP Sudibyo, dan Kasubdit Hubungan Masyarakat Polda Banten Kompol P Winarto.

Baca juga:  Resmi Dilantik, SMSI Riau Siap Bermitra dengan Pemerintah

Di tempat yang sama, Ketua Panitia HPN Pusat SMSI Mohammad Nasir mengatakan bakti sosial tersebut akan menjadi sejarah untuk SMSI. “Ini baksos pertama kali yang dilakukan pers dalam HPN dengan membangun jalan untuk warga, dan kami pastikan, sebelum acara Puncak Peringatan HPN, peresmian jalan ini dapat diwujudkan” kata Nasir.

Nasir mengakui ide pembangunan jalan untuk warga tersebut,  meniru program  Tentara Nasional Indonesia yang membangun jalan di wilayah perdesaan, yang dikenal dengan program, Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD).“Ini suatu yang baik,” katanya.

Melalui pembangunan Jalan dan MCK ini diharapkan perekonomian masyarakat semakin membaik, mobilitas warga semakin mudah dan nyaman,  nilai jual tanah akan semakin meningkat berkat akses jalan yang semakin bagus. Tentunya diharapkan warga pun akan melakukan pola hidup sehat dengan tersedianya MCK. (***)

Sumber, SMSI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *