Wujudkan Swasembada Pangan, Juarsah Lakukan Penanaman Perdana Ubi Porang di Lubai Ulu

Berita, Daerah532 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Guna mendengarkan langsung aspirasi masyarakat di desa-desa, Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah, S.H. tidak henti-hentinya setiap hari Jumat bertatap muka dengan warga masyarakat.

Dalam agenda Safari Jumat yang bertajuk ‘Bunga Desa’ (Bupati Ngantor di Desa), Jumat (4/12/2020), Plt. Bupati Muara Enim mengunjungi 5 desa sekaligus, yaitu Desa Karang Agung, Desa Lubai Persada, Desa Mekar Jaya, Desa Lubai Makmur, dan Desa Lecah.

Diawali dengan kunjungan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Dhiya’us Salaf Desa Karang Agung, Plt. Bupati Muara Enim pada kesempatan ini sangat antusias, karena ini merupakan kunjungan perdananya ke Ponpes Dhiya’us Salaf.

Baca juga:  Over Kapasitas, Lapas Muara Enim Kembali Pindahkan 50 Narapidana

Di hadapan para santri, Plt. Bupati menyampaikan program-program #Merakyat Pemerintah Kabupaten Muara Enim, di antaranya bidang keagamaan, pendidikan, dan kesehatan.

Sama halnya di desa kedua, Desa Lubai Persada, warga juga tampak antusias menanti kedatangan Plt. Bupati Muara Enim. Begitu juga saat melaksanakan salat Jumat berjamaah bersama warga di Masjid Baitul Rahman Desa Mekar Jaya.

Baca juga:  Plt Bupati Kaffah Imbau OPD Sukseskan Penyempurnaan Data Publikasi Kabupaten Muara Enim Dalam Angka 2023

Di Desa Mekar Jaya, Plt. Bupati bersama rombongan melepaskan bibit ikan di kolam binaan PT. Musi Hutan Persada (MHP) yang dikelola masyarakat sekitar. Ia berharap dengan ditebarkannya 2500 bibit ikan ini, nantinya akan menjadi indukan ikan produktif serta bisa menjadi penghasilan warga setempat.

Melanjutkan safari desa keempat, Desa Lubai Makmur, dan terakhir safari jumat ke Desa Lecah, Plt. Bupati mengapresiasi atas penanaman ubi porang, yang mana masih sekitar 40% kebutuhan tanaman porang baru terpenuhi. Menurutnya, tanaman porang yang dianggap sebagai tanaman liar punya beberapa manfaat, termasuk buah sampai ke umbinya dapat diekspor ke Negara Jepang, serta umbinya yang dijual dengan harga tinggi.

Baca juga:  Eksplorasi Migas PT. Pertamina EP di 2 Kecamatan, Plt. Bupati Muara Enim Harap Tenaga Lokal Dipekerjakan

Plt. Bupati mengungkapkan bahwa ini adalah momentum bagi Kabupaten Muara Enim dalam bidang pertanian, khususnya pembudidayaan tanaman porang ini, diharapkan upaya yang dilakukan sekarang ini, bisa meningkatkan derajat kesejahteraan para petani di Kabupaten Muara Enim. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *