oleh

Muhammadiyah Peduli Banjir Ujanmas, PDPM dan MDMC Muara Enim Salurkan Bantuan

MUARA ENIM, ENIMTV – Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) dan Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC)  Kabupaten Muara Enim menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Desa Ujanmas Baru, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muara Enim,  Sumatera Selatan yang terjadi pada Jumat (30/10/2020) minggu lalu.

Penyaluran bantuan ini ditujukan kepada korban yang terdampak langsung akibat banjir bandang tersebut. Adapun bantuan ini bersumber dari donasi PDPM Muara Enim melalui Program Pemuda Berkemajuan Peduli Banjir Ujanmas Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah Muara Enim bersama MDMC yang digalang selama sepekan terakhir.

Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Muara Enim Tahta Amrillah, S.Pd. didampingi Bendaharanya Endang Saputra, S.Pd. dan pengurus lainnya, menyampaikan bahwa bantuan yang mereka salurkan ini berupa alat elektronik dan bahan makanan, yang mana dananya bersumber dari para donatur yang peduli banjir di Desa Ujanmas Baru melalui donasi yang digalang PDPM Muara Enim.

Baca juga:  Dirut PTBA Resmikan Kantor Sekretariat PPKBA

“Alhamdulillah donasi yang kita galang selama satu minggu belakangan terkumpul dan kita berikan bantuan berupa modal usaha kepada warga yang rumahnya roboh, yaitu Ibu Nurlena berupa mesin cuci dan setrika. Hal ini kita berikan untuk meringankan beban korban sehingga ke depan dia dapat kembali melanjutkan usaha Laundrynya yang telah hancur akibat banjir, bersamaan dengan robohnya rumah milik Ibu Nurlela yang merupakan seorang single parent,” ungkap Tahta di Posko Bantuan Bencana Banjir Ujanmas Baru yang ada di Gedung Serbaguna, Kecamatan Ujanmas, Sabtu (7/11).

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya yang diberikan pada kami,” imbuhnya.

Selain bantuan usaha terhadap Ibu Nurlela, ucap Tahta, PDPM Muara Enim juga menyalurkan bantuan berupa semen untuk korban rumah roboh atas nama Adi Alman, serta puluhan dus Mie instan untuk korban yang terkena dampak banjir.

Baca juga:  Kembalikan Berkas Pendaftaran, Kurnaidi Yakin Mampu Bawa PWI Sumsel Lebih Maju

“Kita juga menyalurkan bantuan berupa semen 8 sak dan Mie instan sebanyak 66 dus untuk warga yang rumahnya roboh dan warga yang terdampak banjir,” paparnya.

Lebih lanjut, Tahta menjelaskan bantuan modal usaha dan bahan bangunan langsung ditujukan ke korban, sedangkan Mie instan diserahkan ke Posko Banjir yang didirikan oleh Pemerintah Desa dan Kecamatan Ujanmas.

“Untuk bantuan usaha kita serahkan langsung ke warganya dan Mie instannya kita serahkan ke Posko,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ujanmas Baru Samsir mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PDPM dan MDMC Muara Enim. Ia berharap bantuan usaha dan bahan bangunan seperti ini dapat diikuti oleh berbagai pihak terkait, mengingat dampak banjir ini menimbulkan masalah baru bagi para korban.

“Harapan kita pada Pemerintah, perusahaan, baik BUMN maupun BUMD dapat meniru apa yang dilakukan oleh Pemuda Muhammadiyah dan MDMC Muhamadiyah dalam menyalurkan bantuan. Karena bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi korban yang rumahnya roboh sehingga nantinya mereka akan mampu membangun kembali rumahnya serta kembali berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ke depan,” ujar Samsir.

Baca juga:  Jelang Akhir Tahun 2020, Ini Pernyataan Sikap Organisasi Kepemudaan Lintas Agama

Untuk diketahui, Samsir mengungkapkan bahwa sampai hari ini terkait akan dibangunnya rumah yang roboh, belum ada tindakan yang diambil oleh pihak terkait, baik pemerintah, perusahaan BUMN dan BUMD yang ada di Muara Enim maupun Sumsel. (*)

“Sampai hari ini belum ada instansi atau pihak terkait yang datang untuk membangun lima rumah yang roboh, baik Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten dan termasuk perusahan BUMN seperti PTBA dan BUMS untuk membangun rumah yang roboh dan rusak tersebut.  Namun terkait gorong-gorong sudah terlihat pengerjaaannya,” jelasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *