oleh

Kejari Muara Enim Pulihkan Keuangan Negara Rp8,4 M

MUARA ENIM, ENIMTV – Kejaksaan Negeri (Kejari) Muara Enim lewat Bidang Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) berhasil memulihkan keuangan negara sebesar Rp8.485.593.303,89 (Delapan Miliar Empat Ratus Delapan Puluh Lima Juta Lima Ratus Sembilan Puluh Tiga Ribu Tiga Ratus Tiga Koma Delapan Puluh Sembilan Rupiah).

Pemulihan keuangan negara ini atas temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2022.

Kajari Muara Enim Ahmad Nuril Alam, S.H., M.H. menyampaikan bahwa, upaya pemulihan keuangan negara atas temuan BPK ini dilaksanakan setelah pihaknya mendapatkan Surat Kuasa Khusus dari Bupati melalui Dinas PUPR.

“Alhamdulillah dalam waktu 1 bulan pemulihan keuangan negara berhasil dilakukan dari total 21 penyedia/vendor pada Dinas PUPR Muara Enim, sehingga bisa disetorkan ke kas daerah,” ujar Kajari saat Press Release sekaligus Serah Terima Pemulihan Keuangan Negara dari Kejari Muara Enim kepada Pemkab Muara Enim, di Kantor Kejari Muara Enim, Senin (04/03/2024).

Baca juga:  Presiden Jokowi Beberkan Tiga Strategi Besar Ekonomi pada Para Ekonom

Pemulihan keuangan negara ini merupakan upaya dan salah satu tugas Kejaksaan di bidang Datun sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN).

Tim JPN Kejari Muara Enim di bawah koordinasi Kasi Datun Deni Alfianto, S.H. melakukan pemulihan keuangan negara dengan upaya-upaya persuasif bantuan hukum non-litigasi di bidang Datun.

“Hal ini menjadi prestasi juga bagi bidang Datun bisa memulihkan keuangan negara Pemkab Muara Enim atas temuan BPK tersebut,” tutur Kajari.

Menurut Kajari, pendampingan dan pemulihan keuangan negara yang dilakukan bidang Datun ini karena mempunyai visi yang sama untuk mendukung Pemkab Muara Enim dalam pemulihan keuangan daerah.

Baca juga:  Kejagung Tetapkan 5 Eks Pejabat Krakatau Steel Tersangka Korupsi Blast Furnace

“Karena banyak orang tidak memahami tugas dan fungsi Datun ini. Ketika bicara Kejaksaan, orang tahunya hanya memperhatikan APBD dalam rangka pengawasan, tapi tidak banyak yang paham bahwa kita juga punya visi yang sama untuk meningkatkan PAD ataupun APBD,” tuturnya.

Kajari juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Muara Enim yang telah memberikan kepercayaan kepada Kejari Muara Enim dalam pemulihan keuangan negara ini.

“Ke depan, harapan kami tidak hanya Dinas PUPR yang memberikan kepercayaan atau kuasanya kepada kami, tapi juga dinas-dinas lain. Karena ini adalah bagian dari upaya kita melakukan pencegahan dan pendampingan,” pungkasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Dr. H. Ahmad Rizali, M.A. sangat mengapresiasi Kajari Muara Enim beserta jajaran yang sudah melakukan pendampingan terhadap kegiatan yang ada di Pemkab Muara Enim.

Baca juga:  Kejari Muara Enim Bantu Pembuatan KIA dan Akta Kelahiran Bagi Anak Terlantar

“Adanya pendampingan ini juga sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan kita,” ujar Pj Bupati.

Menurut Pj Bupati, pemulihan keuangan negara ini merupakan suatu prestasi luar biasa untuk Kejari Muara Enim.

“Ini juga menguntungkan untuk Pemkab Muara Enim karena uangnya kembali ke kas daerah sehingga bisa kita gunakan untuk kegiatan-kegiatan berikutnya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga, Pj Bupati Muara Enim menyerahkan piagam penghargaan kepada Kajari Muara Enim atas keberhasilan dalam pemulihan keuangan negara ini.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, di antaranya perwakilan Forkopimda, Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel Muara Enim Dedek Abdul Halim, Kasi Datun Deni Alfianto, S.H., Kasi Intel Anjasra Karya, S.H., M.H. dan tim JPN Kejari Muara Enim. (Aal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *