oleh

Pj Bupati Muara Enim Pimpin Apel Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak 2021

MUARA ENIM, ENIMTV – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar (HNU) memimpin Apel Pergeseran Pasukan Personil Pengamanan Pilkades Serentak 2021 Kabupaten Muara Enim, di Lapangan Mapolres Muara Enim, Selasa (12/10/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, di antaranya Kapolres Muara Enim, Dandim 0404 Muara Enim, Ketua DPRD Muara Enim, Kajari Muara Enim yang diwakili oleh Kasi Intel, dan Ketua PN Muara Enim yang juga diwakili, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Kominfo, dan Kepala Dinas Kesehatan.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Muara Enim menyampaikan beberapa hal terkait Pilkades Serentak yang diselenggarakan di 106 desa pada 20 kecamatan di Kabupaten Muara Enim.

“Alhamdulillah saat ini kita telah melalui beberapa tahapan Pilkades Serentak pada 106 desa di 20 Kecamatan, Kabupaten Muara Enim tahun 2021, termasuk Deklarasi Damai Pada 4 Oktober lalu dan tahapan kampanye oleh masing-masing calon Kades pada 7 sd. 9  Oktober 2021 yang secara umum terlaksana dengan baik dan lancar, sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku,” ucap HNU mengawali amanatnya.

Baca juga:  Sepanjang 2020, Polda Metro Jaya Berhentikan 45 Polisi dengan Tidak Hormat

Setelah beberapa tahapan yang dilalui tersebut, lanjut HNU, dalam waktu dekat akan dilaksanakan pemungutan suara pada 14 Oktober dan penetapan calon Kades terpilih pada 16 Oktober.

“Kita semua berharap penyelenggaraan Pilkades ini berlangsung dengan sukses, tertib, aman dan lancar. Oleh sebab itu hari ini kita semua hadir untuk menyelenggarakan apel guna mengevaluasi dan menginventarisir kekuatan personel dalam kesiapsiagaan menghadapi penyelenggaraan Pilkades Serentak di Kabupaten Muara Enim,” ujarnya.

Melalui apel ini, HNU mengajak seluruh pihak yang terlibat untuk mempersiapkan diri dan meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bahaya dan dampak dari potensi konflik di saat maupun sesudah pemungutan suara dan penetapan calon Kades terpilih yang mungkin saja terjadi.

Baca juga:  Kalapas Muara Enim Terima Kunjungan Hj Renny Devi Nasrun Umar

“Selain kewaspadaan, lakukan deteksi dini dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), jaga komitmen netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat serta laksanakanlah tugas dengan penuh rasa tanggung jawab agar mampu mengantarkan pada Pilkades Kabupaten Muara Enim tahun 2021 yang damai dan berkualitas,” sambungnya.

HNU juga berpesan kepada semua pihak yang terlibat, baik itu calon Kades, panitia maupun petugas pengamanan, agar tetap menjaga kondusivitas, mematuhi peraturan yang berlaku dan tidak melakukan pelanggararan hukum.

“Pemkab Muara Enim tidak akan mampu bekerja sendiri tanpa dukungan dari semua pihak. Semua kekurangan janganlah menjadi kendala dan melemahkan semangat kita semua. Hal ini harus menjadi bahan evaluasi kita dalam menghadapi segala kemungkinan sehingga upaya penanggulangan perlu ditangani secara komprehensif, multisektor, terpadu dan terkoordinasi antar semua pihak,” tuturnya.

Baca juga:  Plt. Bupati Muara Enim Terima Bantuan Dana dan APD dari PTBA dan PT. TEL

Menutup amanatnya, HNU mengingatkan satu hal yang tak boleh diabaikan dalam pelaksanaan Pilkades ini, yaitu tetap harus mengedepankan disiplin menjalankan protokol kesehatan,

“Semoga Kabupaten Muara Enim selalu dilindungi oleh Tuhan YME. dan Pilkades Serentak dapat berjalan sukses serta lancar. Selamat bertugas, berikanlah pengabdian terbaik, penuh dedikasi, tulus ikhlas dan rasa tanggung jawab yang tinggi,” tutupnya.

Sebagai informasi, sebanyak 1.458 personil gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP, Linmas dan Dinkes dikerahkan untuk memastikan Pilkades Serentak berjalan aman dan lancar. (Aal)

Selengkapnya ———- Simak video

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *